Share?

DPRD Balikpapan Bangun Ruang Pers Tahun Depan


korankaltim
korankaltim
Posted: 03 Oct 2019
img

Jurnalis ketika mewawancarai Ketua Terpilih DPRD Balikpapan. (Hendra/KoranKaltim.Com)

img
KORANKALTIM.COM, BALIKPAPAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan mempersilakan awak media untuk melakukan peliputan di legislatif. Termasuk setiap kegiatan ketika sudah terbentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD).
Pernyataan yang disampaikan Wakil Ketua I Terpilih DPRD Balikpapan itu sekaligus menampik kabar mengenai pembatasan ruang gerak jurnalis yang biasa meliput di dewan.
"Silakan saja meliput, mewawancarai ketua komisi dan anggota lainnya, apalagi nanti kalau sudah terbentuk AKD, silakan saja," kata Thohari Aziz, Kamis (3/10/2019).
Bahkan DPRD Balikpapan berencana membangun ruang pers sebagai apresiasi kepada jurnalis yang selama ini melakukan tugas-tugas peliputan secara obyektif dan berimbang.
"Tahun depan kami siapkan ruangan media, bisa juga nanti di situ buka kafe kecil sebagai bagian usaha teman-teman jurnalis," sambungnya.
Sebelumnya, anggota DPRD Balikpapan, Andi Arif Agung menyebut agar jurnalis memahami setiap sifat kegiatan yang berlangsung di legislatif.
"Misalnya rapat tertutup ya harus tertutup, kalau rapat terbuka ya terbuka, dan kami memang butuh staf yang bisa berjaga di depan pintu ruang komisi," kata Andi Arif Agung.
Dia menyebut ada ketidaknyamanan yang dirasakan anggota DPRD ketika berada di dalam ruang komisi. Pasalnya, kerap kali pintu masuk dibuka dan ada yang mengintip saat mereka sedang melakukan suatu pembahasan.
"Apalagi pintu kaca kan gelap, jadi daripada ngintip, ya silakan masuk sekalian, kalau wartawan kan biasanya masuk saja," lanjutnya.
Dirinya membenarkan adanya rencana pembangunan ruang pers pada 2020 mendatang. "Kalau perlu kami pasangkan wifi supaya memudahkan kerja pengiriman berita rekan-rekan jurnalis," tandasnya.

Penulis / Editor : Hendra


berita POPULER


baca LAINNYA

Korankaltim.com - Cerdas Bersama Rakyat