Jumat, 01/11/2019

Gebyar UKM Kaltim, Sarung Samarinda Berkilau Hingga Ke Lombok

Jumat, 01/11/2019

(foto: Istimewa)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Gebyar UKM Kaltim, Sarung Samarinda Berkilau Hingga Ke Lombok

Jumat, 01/11/2019

logo

(foto: Istimewa)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Timur  tahun ini menggelar event Gebyar UKM Kaltim di Lombok Epicentrum Mall, Nusa Tenggara Barat. Event yang dihelat pada tanggal 2-3 November 2019 mendatang akan menggandeng semua Dekranasda Kabuptaen dan Kota Se Kaltim. Dalam acara tersebut pameran dan peragaan busana Kemilau Sarung Samarinda (KiSS) akan menjadi unggulan Samarinda.

“Atas permintaan dari Dekranasda Kaltim, kami akan tampilkan produk unggulan di stand pameran dan peragaan busana," Kata Hj Puji Setyowati Ketua Dekranasda Kota Samarinda.

Istri orang nomor 1 di Kota Tepian tersebut menjelaskan KiSS nantinya akan menampilkan beberapa busana dari bahan sarung tenun samarinda yang juga dikombinasi dengan kain lurik. Pasalnya trend tahun ini dan juga tahun memang demikian. Kedepannya Puji mengatakan akan buat inovasi baru dengan membuat busana dari bahan dasar sarung samarinda yang dikombinasi dengan kain khas dari daerah lain.

Untuk tahun ini rencananya akan mengkombinasikan dengan kain khas dari Jogjakarta yakni Lurik, tentu saja dengan harapan besar orang Jogja yang tidak mengerti sarung tenun samarinda jadi mau memiliki karena ada lurik bersamanya

“Kita sudah tampilkan pertama kali kemarin pada panggung Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini Jakarta dan mendapatkan sambutan yang luar biasa," bebernya.

Sementara itu, Muhammad Faisal Ketua Harian Dekranasda Kota Samarinda sebagai Koordinator Tim Samarinda di Lombok nantinya mengatakan di Lombok nanti rencananya akan ada dua konsep masing-masing 3C Indie dan Kiss on the Desert, dimana 3C Indie maksudnya mengkombinasi 3 Culture Indonesia, yakni Sarung Tenun Samarinda, Manik & Motif Dayak dan Kain Lurik Jogja.

“Sedangkan KiSS on the Desert maksudnya Kemilau Sarung Samarinda (KiSS) diatas padang pasir,” tutupnya. (adv)

Gebyar UKM Kaltim, Sarung Samarinda Berkilau Hingga Ke Lombok

Jumat, 01/11/2019

(foto: Istimewa)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.