Senin, 18/11/2019

Kaltim Harus Bentuk KEK Pariwisata

Senin, 18/11/2019

Puji Setyowati

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kaltim Harus Bentuk KEK Pariwisata

Senin, 18/11/2019

logo

Puji Setyowati

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Kaltim sudah saatnya membuat program terencana tentang Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Pariwisata guna mendongkrak perekonomian daerah. KEK Pariwisata sendiri merupakan area yang diperuntukkan bagi kegiatan usaha pariwisata untuk mendukung penyelenggaraan hiburan dan rekreasi, pertemuan, perjalanan insentif dan pameran serta kegiatan yang terkait.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati mengatakan  pemerintah pusat sudah mencanangkan KEK Pariwisata di sejumlah daerah yang menjadi program prioritas pembangunan nasional. Kendati Kaltim belum masuk dalam program tersebut sudah saatnya bagi Benua Etam untuk menyusun naskah akademik dan Detail Engineering Design (DED).

"Kaltim banyak memiliki wilayah yang strategis dan dinilai ideal untuk menjadi pusat KEK Pariwisata. Pemerintah provinsi sendiri bisa melakukan koordinasi dengan pemerintah kebupaten/kota untuk menentukan tempat yang dinilai terbaik," kata Puji.

Sebagaimana Lido di Bandung, Kaltim bisa membuat infrastruktur serupa yang didalamnya dilengkapi segudang fasilitas seperti penginapan, resto, golf club, areal berenang dan bermain anak, serta lainnya.

“Daerah Berau misalnya, dengan didukung kondisi geografisnya yang terdiri dari kepulauan bisa menjadi wilayah strategis, tinggal bagaimana mencari infestor dan pembenahan sejumlah infrastruktur sarana dan prasarana publik," sebutnya.

Politikus Demokrat itu menambahkan, multy flyer efek yang nantinya akan ditimbulkan melalui Zona Pariwisata KEK akan mendongrak sektor pariwisata yang secara otomatis penyerapan tenaga kerja lokal yang cukup besar sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadi sumber PAD. (adv/*2)

Kaltim Harus Bentuk KEK Pariwisata

Senin, 18/11/2019

Puji Setyowati

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.