Minggu, 02/02/2020

Kompartemen Rendis Juarai Fire and Rescue K3 Nasional PKT

Minggu, 02/02/2020

Seluruh peserta FRC wajib melalui halang rintang. Salah satunya rintang titian ganda ini. (Foto: hmspkt)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kompartemen Rendis Juarai Fire and Rescue K3 Nasional PKT

Minggu, 02/02/2020

logo

Seluruh peserta FRC wajib melalui halang rintang. Salah satunya rintang titian ganda ini. (Foto: hmspkt)

KORANKALTIM.COM, BONTANG- Walaupun bukan petugas pemadam kebakaran, namun ketrampilan dan kepiawaian, serta kecekatan bertindak apabila terjadi musibah kebakaran, setidaknya harus diketahui dan dikuasai oleh karyawan PT Pupuk Kaltim di berbagai kompartemen yang ada.


Karena itulah, PT Pupuk Kaltim setiap tahunnya selalu menggelar lomba Fire and Rescue Competition (FRC), dalam rangka K3 Nasional PKT. Dan di tahun 2020, PKT kembali menggelar kegiatan tersebut, di area GOR PKT  Sabtu (1/2/2020) kemarin yang diikuti 16 kompartemen yang ada di Pupuk Kaltim.


Ada 16 kompartemen yang adu kecekatan dan kelihaian memadamkan api dan menyelamatkan korban kebakaran masing-masing yaitu Kompartemen Pengadaan, Rendal dan Distribusi, Pemeliharaan, Sekper, Teknologi,  Operasi 2, Pemasaran PSO, Inbang, Operasi 1,  Teknik dan IJT, Non PSO, Umum, JPP, Admenkeu, SDM dan SPI.


Tiap tim dari kompartemen, akan melewati berbagai macam halan rintang yang bertemakan K3. Seperti halan rintang menggantung (monkey bar), lompat tembok, titian ganda, resusitasi jantung paru (RJP) kepada korban yang mengalami serangan jantung, pemadaman menggunakan APAR, evakuasi korban dengan menggunakan SCBA, hingga pemadaman kebakaran gas pada stack flare.

Direktur Produk Pupuk Kaltim Bagya Sugiharta mengatakan, FRC ini digelar tidak lain untuk meningkatkan kesadaran, ketaatan pemenuhan norma K3, dan kesiapsiagaan seluruh  insan Pupuk Kaltim, dalam mengendalikan, mencegah dan menghadapi risiko kegiatan perusahaan yang berdampak pada kegiatan K3.

“Harus disadari bersama, ilmu pengetahuan dan strategi pemadam kebakaran harus selalu dikembangkan. Sosialisasi mengenai upaya pencegahan serta penanggulangan bencana kebakaran bagi karyawan, juga harus terus ditingkatkan, baik dalam hal evakuasi maupun pertolongan pertama pada kecelakaan dan bencana yang sekiranya terjadi,” kata Bagya.

“Yang paling penting bagaimana memilki kesiapsiagaan. Memiliki keterampilan  bagaimana menangani korban dan cara bagaimana evakuasi korban kebakaran,” imbuhnya.

Menurut Bagya, FRC juga dilaksanakan untuk masyarakat Bontang, dan Gawil PIKA Pupuk Kaltim. karena itu, sangatlah tepat bila ilmu pengetahuan dan strategi pemadam kebakaran selalu dikembangkan dan disosialisasikan melalui kegiatan semacam ini, sebab menyangkut kepentingan masyarakat luas.

Tema Bulan K3 Nasional 2020 yakni “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi”, dikatakan Bagya, sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak agar berpartisipasi aktif dalam membudayaa K3 baik ditempat kerja maupun tempat tinggal. “Kami harap dengan kegiatan ini, karyawan dapat lebih mengetahui dan mengerti cara memadamkan api dengan baik dan benar. Sehingga tidak menimbulkan kerugian atau musibah yang lebih besar,” sebutnya lagi.

Terpisah, Kompartemen Rendal dan Distribusi (Rendis) berhasil mendepak 15 kompartemen lainnya dalam kejuaraan FRC. Rendis berhasil mengumpulkan poin  tertinggi  sebanyak 913 poin, sehingga berhak menyandang juara 1 FRC 2020.


Sedangkan juara 2 diraih Kompartemen Adminkeu dengan perolehan sebanyak 883 poin, dan posisi ketiga diisi oleh Kompartemen Pemeliharaan dengan nilai 865 poin. Juara Yel-Yel terheboh dan terbaik berhasil diraih oleh Kompartemen Pemeliharaan dan Juara Suporter terbaik berhasil direbut oleh Kompartemen Operasi.(*/adv)


Penulis: Cholisoh

Editor: Aspian Nur

Kompartemen Rendis Juarai Fire and Rescue K3 Nasional PKT

Minggu, 02/02/2020

Seluruh peserta FRC wajib melalui halang rintang. Salah satunya rintang titian ganda ini. (Foto: hmspkt)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.