Selasa, 25/07/2017

Semua Sistem Terkoneksi dengan Smart City

Selasa, 25/07/2017

Syaharie Jaang

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Semua Sistem Terkoneksi dengan Smart City

Selasa, 25/07/2017

logo

Syaharie Jaang

SAMARINDA – Untuk mewujudkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, Pemkot Samarinda bakal mewujudkan sistem pemerintahan yang berbasis Smart City. Hal ini tertuang dalam Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Samarinda Tahun 2005-2025, yang memuat konsep Samarinda Water Front City. Setelah itu ada juga Perda Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Samarinda Tahun 2016-2021, yang di dalamnya memuat pilar smart city sebagai penunjang menuju Samarinda menjadi Kota Metropolitan.

Walikota Syaharia Jaang dalam pidatonya Senin (25/7) di Bank Indonesia mengatakan penerapan Smart City ini diwujudkan dalam memenuhi pelayanan masyarakat.

“Makanya jangan senang kalau ada masyarakat yang datang kepada kita lalu mengeluh-ngeluh. Apalagi bagi instansi pelayanan masyarakat itu diharapkan dapat memberi pelayanan yang maksimal dengan teknologi yang canggih sesuai dengan konsep Smart City,” ujar Jaang.

Ia pun menekankan perubahan sistem pemerintahan menuju Smart City memang sudah sepatutnya dilakukan.

“Karena memang kita harus dipaksa agar tidak ketinggalan. Jadi tergantung cara kita saja mengawasi agar sistem berbasis Smart City ini berjalan efektif dan saling terintegrasi antara instansi dengan instansi lainnya,” terang Jaang.

Untuk diketahui Samarinda terpilih dari 75 Kabupaten Kota yang siap mengimplementasikan konsep smart city, dan diundang untuk mengikuti assesment di BPRTIK Ciputat pada 2 Mei 2017 dan dinyatakan lulus seleksi bersama 24 kabupaten dan kota lainnya untuk menjadi pilot project gerakan menuju 100 Smart City. Terpisah Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Samarinda Asli Nuryadin juga berpendapat selaras dalam hal ini.

“Dalam perwujudan Smart City nantinya layanan kita kepada masyarakat akan lebih efektif, sediakan saja website Pemkot Samarinda yang terintegrasi dengan setiap OPD. Selain itu di website itu masyarakat juga bisa memberikan masukan karena pemerintah terbuka dengan masukan masyarakat,” ujar Asli. (ms/adv) 


Semua Sistem Terkoneksi dengan Smart City

Selasa, 25/07/2017

Syaharie Jaang

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.