Jumat, 20/03/2020

Pemerintah Diminta Jaga Kestabilan Harga Sembako

Jumat, 20/03/2020

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemerintah Diminta Jaga Kestabilan Harga Sembako

Jumat, 20/03/2020

logo

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA--Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati mengimbau Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kaltim dan kabupaten/kota untuk menyiapkan strategi menjaga kestabilan harga sembako. 

Ini terkait imbauan Gubernur Kaltim untuk mengurangi aktivitas warga dalam upaya mengurangi penyebaran virus Covid-19 dan juga menjelang dan selama bulan Ramadhan. 

Puji menyampaikan, salah satu strategi menjaga kestabilan harga sembako adalah dengan menjaga kecukupan suplai barang. Oleh karena itu, pemerintah diimbau untuk menyalurkan suplai barang yang lebih besar guna mencegah lonjakan harga sembako yang lebih tinggi.

 “Salah satu faktor penyebab kenaikan harga ini adalah peningkatan permintaan dari masyarakat luas. Hal ini sebenarnya wajar karena ditinjau dari segi ekonomi.  Jika permintaan naik, maka kemungkinan besar harga akan naik. Namun, yang menjadi permasalahannya adalah kalau kenaikan harga itu terlalu besar atau terjadi lonjakan harga yang melampaui ambang batas kewajaran,” katanya.

Selain menjaga kecukupan suplai barang, salah satu cara mengantisipasi lonjakan harga yang terlalu besar adalah dengan melakukan program operasi pasar (OP) atau inspeksi mendadak (sidak) dengan melakukan pengecekan secara rutin untuk mengetahui data-data pasti penyebab kenaikan harga yang dilakukan pedagang.

”Masyarakat pada umumnya membeli barang-barang, terutama kebutuhan pokok dalam jumlah atau kuantitas yang lebih besar.  Untuk itu perlu keterpaduan semua bidang untuk mengantisipasi agar jangan sampai terjadi kenaikan harga yang terlalu tajam dan perlunya pengamanan untuk jalur distribusi,” tegasnya.

Selain menjaga kestabilan harga, Politisi Partai Demokrat ini juga menghimbau agar pemerintah intens melakukan pemantauan ke pasar untuk mengantisipasi penimbunan dan kekurangan stok bahan pokok. Serta meminta para pedagang agar tidak melakukan penimbunan barang yang bisa menimbulkan kenaikan harga di pasaran sehingga dapat merugikan konsumen, utamanya masyarakat menengah ke bawah.

“Jangan sampailah masyarakat terutama yang menengah ke bawah menjadi tambah beban dengan lonjakan harga.  Selain itu, diperparah dengan terbatasnya stok bahan yang diakibatkan oleh penimbunan pedagang. Untuk itu kami berharap segera kepada pihak terkait untuk mengantisipasi hal ini,” tuturnya. (adv/*3)


Editor: M. Huldi

Pemerintah Diminta Jaga Kestabilan Harga Sembako

Jumat, 20/03/2020

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.