Selasa, 24/03/2020

Covid-19 Bukan Halangan Untuk Donor Darah

Selasa, 24/03/2020

Eddy Sunardi Darmawan

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Covid-19 Bukan Halangan Untuk Donor Darah

Selasa, 24/03/2020

logo

Eddy Sunardi Darmawan

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Warga diminta tidak panik dalam menghadapi Covid-19 dan tetap mengikuti himbauan pemerintah dan tetap menjaga kebugaran, kebersihan diri dan keluarga.

Hal ini dikatakan Anggota DPRD Kaltim Eddy Sunardi Darmawan karena stok golongan darah jenis tertentu di Palang Merah Indonesia (PMI) semakin berkurang bahkan ada di salah satu daerah yaitu Balikpapan yang kehabisan stok darah jenis B.

Kondisi itu dikarenakan masyarakat khawatir terhadap kesehatan mereka yang takut untuk keluar rumah dan berkumpul di keramaian sebagaimana yang telah dihimbau banyak pihak guna meminimalisir penyebaran virus corona.

Menurutnya, kalau terus dibiarkan maka ada banyak pasien yang tidak dapat melakukan transfusi darah padahal sangat memerlukan. “Setetes darah kita sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” kata Eddy.

“Semakin berkurangnya stok, sedangkan permintaan darah tidak mengalami penurunan maka cepat atau lambat ya bisa habis. Kalau sudah begitu kasihan pasien yang benar-benar membutuhkan, ini menyangkut nyawa juga,” tambahnya.  

Eddy menghimbau agar masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya termasuk mereka yang rutin donor agar segera menyambangi PMI terdekat, hanya saja tetap memperhatikan kebersihan.                                                     

PMI sebut dia, juga wajib menerapkan standar protokol kesehatan seperti menyediakan hand sanitaizer, menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter yang semua itu bertujuan agar masyarakat yang ingin menyumbangkan darahnya merasa aman dan nyaman tanpa khawatir akan tertular suatu penyakit.(adv/*2)


Editor: Aspian Nur

Covid-19 Bukan Halangan Untuk Donor Darah

Selasa, 24/03/2020

Eddy Sunardi Darmawan

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.