Rabu, 01/04/2020

DPRD Kaltim Usul Pemerintah Siapkan Jatah Makan Siap Saji

Rabu, 01/04/2020

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

DPRD Kaltim Usul Pemerintah Siapkan Jatah Makan Siap Saji

Rabu, 01/04/2020

logo

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – Untuk menanggulangi penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19), DPRD Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan pokok-pokok pikiran kepada Gubernur Kaltim melalui surat tertanggal 23 Maret, Nomor 443/I-350/Set.DPPRD.

Isi surat tersebut disampaikan Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK merujuk kepada data jumlah penyebaran virus yang semakin meningkat di Indonesia khususnya di Kaltim, serta pernyataan resmi World Health Organization (WHO) yang menyatakan virus itu sebagai pandemi global, hingga pernyataan presiden yang telah mentapkan masalah tersebut sebagai Bencana Nasional (bencana non alam) maka dinilai perlu untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran.

Pokok pikiran disusun berdasarkan hasil monitoring di kabupaten dan kota sebagai bahan masukan dan pertimbangan kepala daerah, diantaranya perlunya sinergitas antar instansi terkait melalui koordinasi lintas daerah terutama di perbatasan yang difasilitasi Pemprov Kaltim terkait keluar masuk masyarakat di masing-masing wilayah.

Perlunya penegasan Pemprov Kaltim dalam hal ini Dinaskertrans provinsi dan kabupaten/kota untuk memperkuat SOP  bagi karyawan yang menjalani cuti untuk aspek security pasca cuti agar selaras seluruh daerah. Perlunya keselarasan SOP terhadap penangan pasien Covid-19 karena sejauh ini masing-masing daerah berbeda.

"Pemprov Kaltim diminta juga untuk segera mengerahkan seluruh sumber daya yang dimilikinya dalam upaya pencegahan penyebarluasan yang salah satunya dengan memberikan himbauan kepada masyarakat terkait physical distancing," kata Makmur.

Selain itu kalau disuatu daerah diberlakukan karantina lokal, maka baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota diminta menyiapkan jatah makan bagi warganya tidak berupa uang melainkan makanan siap saji dan kebutuhan pokok. 

DPRD juga  mendorong pemerintah untuk membuat kebijakan pemulihan perekonomian dengan memberikan tambahan penghasilan atau bantuan modal usaha bagi UMKM, tukang ojek, pedagang asongan dan sejenisnya. Menyediakan sarana dan prasarana pencegahan berupa sterilisasi seperti tempat mencuci tangan, penyemprotan disinfektan pada pasar tradisonal, pasar moderen, terminal, bandara, perkantoran dan areal publik lainnya.

Memaksimalkan dan menambah layanan call center bagi Orang Dalam Pengawasan (ODP). Melakukan analisa penutupan bandara, terminal transportasi darat, dan pelabuhan laut. Membentuk relawan yang dikoordinir Satgas Covid-19 di masing-masing daerah.

"Agar kepada Dinas Kesehatan dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) agar pengelolaan limbah dari penanganan pasien Covid-19 memperhatikan lingkungan agar tidak menjadi persoalan atau penyakit baru," harap Makmur. (adv/*2)


Editor: Aspian Nur

DPRD Kaltim Usul Pemerintah Siapkan Jatah Makan Siap Saji

Rabu, 01/04/2020

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.