Kamis, 28/05/2020

Salurkan Bantuan, PDIP Kaltim Soroti Penanganan Banjir Samarinda

Kamis, 28/05/2020

PDIP Kaltim, melalui relawan BAGUNA, berikan bantuan ke korban banjir (Foto: Ist/korankaltim.com)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Salurkan Bantuan, PDIP Kaltim Soroti Penanganan Banjir Samarinda

Kamis, 28/05/2020

logo

PDIP Kaltim, melalui relawan BAGUNA, berikan bantuan ke korban banjir (Foto: Ist/korankaltim.com)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – Banjir yang merendam Samarinda selama hampir sepekan ini membuat sejumlah pihak ikut turun bergotong royong memberikan bantuan kepada warga yang terdampak bencana.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kaltim misalnya. Partai besutan Megawati Soekarno Putri ini, sejak dua hari pasca Lebaran telah membangun posko dan dapur umum di wilayah terdampak banjir tersebut.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bancana (Baguna) PDI Perjuangan Kaltim, Achmad Cahyadi, Kepada media ini mengatakan, jika kegiatan ini adalah bentuk solidaritas kemanusiaan PDI Perjuangan, dalam bergotong royong dengan seluruh elemen dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir.

“Sejak banjir melanda dibeberapa titik strategis di Kota Samarinda kami dari Baguna PDI Perjuangan Kaltim langsung turun tangan membangun posko dan dapur umum bagi warga yang terdampak banjir,” kata Achmad Cahyadi, Rabu (27/5/2020) malam lalu. 

Posko dan dapur umum yang dibangun di wilayah Jl Pemuda tersebut kata dia menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda. “Selama tiga hari kami membangun posko dan dapur umum di wilayah tersebut, adapun hari ini, posko dan dapur umum itu telah kami pindahkan mengingat banjir di wilayah tersebut yang sudah mulai surut. Adapun posko dan dapur umum kami pindahkan ke Mako Baguna PDI Perjuangan, namun tentunya tanpa meninggalkan esensinya untuk tetap menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak banjir di tengah pendemi Covid-19,” kata Cahyadi lagi.

Sementara Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kaltim, Ananda Emira Moeis, yang dihubungi secara terpisah oleh media ini mengatakan, jika selain membangun posko PDI Perjuangan Kaltim juga menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada warga yang terdampak banjir.

“Kami hadir ditengah warga hal ini sesuai dengan sikap PDI Perjuangan dalam bergotong-royong dengan seluruh elemen masyarakat membantu masyarakat yang terkena dampak banjir, selain memberikan bantuan makanan siap saji dari posko dan dapur umum, kami juga memberikan bantuan berupa paket sembako kepada warga yang terdampak banjir yang pembagiannya kami lakukan di masing-masing wilayah secara bertahap,” sebut Ananda.

Anggota DPRD Kaltim ini juga menyebut jika peran pemerintah kota (Pemkot) Samarinda pada khusunya harus lebih focus pada penaggulangan banjir, lantaran musibah yang melanda warga saat ini dinilai berturut-turut. “Tahun baru kemarin juga banjir. Dan sekarang pasca lebaran warga juga warga dilanda dengan musibah yang sama, oleh karenanya kami meminta kepada Pemkot Samarinda untuk lebih focus dalam hal penanggulangan banjir ini jangan dibiarkan seperti ini terus,” papar Ananda lagi.

Dia mencontohkan normalisasi kanal disalahsatu wilayah di Lambung Mangkurat yang notabene sebelumnya merupakan daerah langganan banjir. “Lambung Mangkurat misalnya, selama normalisasi kanal diwilayah tersebut masyarakat hampir tidak lagi mengalami musibah banjir yang begitu parah, meskipun pengerjaannya baru hanya pada bagian kanan saja, coba dibayangkan bagaimana jika kedua sisi wilayah tersebut sudah dilakukan normalisasi, saya yakin wilayah tersebut tidak akan mengalami dampak banjir yang sama seperti sekarang ini,” jelas Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kaltim ini.    

“Peran pemerintah dalam penagulangan banjir janganlah setenga-setengah pekerjaan haruslah diselesaikan secara menyeluruh, agar keresahan warga terhadap banjir ini bisa terselesaikan,” jelas Ananda

Pihaknya mengucapkan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut berkontribusi membantu warga yang terdampak banjir tersebut. “PDI Perjuangan berterima kasih kepada semua masyarakat, relawan, yang sudah bergotong-royong dalam mewujudkan aksi sosial ini, Kedepan PDI Perjuangan berkomitmen untuk akan terus mengawasi pembangunan di Kaltim agar bisa lebih  bermanfat bagi masyarakat dan yang terpenting warga terbebas dari momok banjir seperti ini,” tutup politisi PDI Perjuangan Kaltim ini. (Adv)


Penulis :  Romi Ali Darmawan

Editor: Aspian Nur

Salurkan Bantuan, PDIP Kaltim Soroti Penanganan Banjir Samarinda

Kamis, 28/05/2020

PDIP Kaltim, melalui relawan BAGUNA, berikan bantuan ke korban banjir (Foto: Ist/korankaltim.com)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.