Selasa, 21/11/2017

Terasi Berau Merambah Pasar Nasional

Selasa, 21/11/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Terasi Berau Merambah Pasar Nasional

Selasa, 21/11/2017

logo

TANJUNG REDEB - Selain memiliki kekayaan dan potensi alam yang berlimpah, baik itu di sektor parawisata bahari. Kini, Berau juga giat-giatnya mempromosikan hasil laut yang ada seperti udang yang bisa dijadikan bahan baku pembuatan terasi. Terbukti, di tahun 2017 ini terasi Berau sudah masuk Jakarta, Medan dan Pelembang. Setiap bulanya Berau bisa mengirin terasi ke tiga kota besar tersebut hingga ratusan kilogram terasi udang asal Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau.

“Kualitas dan penggunaan bahan baku produk terasi di kawasan pesisir pantai di Kabupaten Berau, khususnya Batu Putih dinilai paling baik dan menjadi salah satu produk unggulan. Bahkan produk dari pesisir Bumi Batiwakkal itu menjadi incaran banyak produsen terasi di luar daerah yang melirik bahan baku dari daerah ini. Setelah diproduksi, kemudian diberi label dan kemasan daerah produsen. Bahkan warga Berau juga menjual produk jadi ke luar daerah seperti Jakarta, Medan dan Palembang,” terang, Kabid Industri Pangan dan Kerajinan, Disperindagkop Berau Endang kepada Koran Kaltim, kemarin.

Pemkab Berau terus berkomitmen bersama dengan masyarakat pembuat terasi agar penjualan produk unggulan Berau ini bisa dalam kemasan siap jual. Sehingga, harga jual bisa lebih tinggi dari harga biasa. Tentu saja, kondisi ini mendapat perhatian Bupati Berau Muharram, yang meminta produk unggulan Berau ini mendapat perhatian serius. Pasalnya, terasi dari Kabupaten Berau yang dibeli produsen dari daerah lain membuat para pembuat terasi di Kabupaten Berau sulit berkembang, keuntungan yang didapat dari memproduksi terasi belum bisa meningkatkan kesejahteraan. “ Pemkab Berau akan terus mendukung para produsen lokal terasi ini. Dan kami selaku Instansi  teknis mencarikan solusi agar produk terasi ini diolah dan dikelola dengan baik di daerah. Salah satunya dengan memperbaiki kemasan, label atau merk dagang dan mencari pangsa pasar sendiri. Di Berau sendiri ada beberapa kampung yang menjadi daerah produksi terasi dengan kualitas terbaik. Seperti di kampung-kampung wilayah pesisir selatan yang sejak dahulu telah memproduksi terasi sebagai salah satu produk unggulan,”pungkasnya.(ind/Adv)


Terasi Berau Merambah Pasar Nasional

Selasa, 21/11/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.