Sabtu, 25/11/2017

Dermaga Wisata Eks Pasar Gayam Akan Dibenahi

Sabtu, 25/11/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Dermaga Wisata Eks Pasar Gayam Akan Dibenahi

Sabtu, 25/11/2017

TANJUNG REDEB- Dermaga eks Pasar Gayam dipersiapkan untuk menjadi dermaga titik aktivitas wisata nantinya. Namum dermaga tersebut masih perlu pembenahan untuk memenuhi fasilitas pendukung, sehingga dianggap perlu ada dermaga lain untuk sementara.

Salah satu dermaga yang akan dimanfaatkan untuk aktivitas naik dan turunnya wisatawan adalah dermaga ketinting Derawan di Jalan Pulau Derawan, Tanjung Redeb. Dermaga yang bersebelahan dengan dermaga PT Berau Coal ini rencananya akan dibenahi, sehingga tidak hanya untuk aktivitas ketinting yang melayani penyeberangan dari Tanjung Redeb ke Gunung Tabur. Namun juga dapat menjadi tempat dermaga wisatawan yang menggunakan transportasi speedboat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Mappasikra Mappaseleng saat meninjau kondisi dermaga eks Pasar Gayam mengatakan, kondisi dermaga itu masih banyak yang harus dibenahi lagi, salah satunya kedalaman di dermaga yang tidak memungkinkan speedboat merapat.

Kondisi ini pun membuat pemerintah mengambil inisiatif dengan memindahkan dermaga wisata ke dermaga ketinting di Jalan Pulau Derawan yang direncanakan juga menjadi titik pelayanan wisatawan. Dengan dukungan PT Berau Coal, pembenahan untuk peningkatan fasilitas akan dilakukan di dermaga tersebut.

“Bisa kita lihat sendiri kondisinya di sini. Tidak mungkin kapal cepat merapat ke sini. Perlu waktu lama lagi untuk dibenahi,” ujarnya.

Untuk teknis di dermaga ketinting, Mappasikra mengatakan, akan melakukan komunikasi dengan operator ketinting dan juga dengan speedboat yang selama ini melayani wisatawan terkait pemanfaatan dermaga ini. Aktivitas speedboat, menurutnya tidak akan mengganggu aktivitas ketinting, karena naik dan turunnya wisatawan hanya pada jam-jam tertentu saja. Sementara speedboat juga tidak berlabuh di dermaga itu. Sehingga aktivitas ketinting tetap berjalan normal.

“Pada prinsipnya para operator ketinting tidak keberatan. Setelah pertemuan ini langsung dimanfaatkan. Sementara PT Berau Coal akan meningkatkan fasilitas pelayanan di dermaga ini,” jelasnya.

Public Relations (PR) PT Berau Coal, Arif Hadianto yang turut meninjau kondisi dermaga kemarin, menegaskan PT Berau Coal sangat mendukung pembangunan pariwisata daerah ini. Pasalnya, pariwisata saat ini menjadi salah satu program prioritas Pemkab Berau. Termasuk dalam membantu pembenahan di dermaga ketinting Derawan yang rencananya akan dimanfaatkan untuk naik dan turun wisatawan.

“Berau Coal tentu akan mendukung dan kita akan melihat mana saja yang harus dilakukan dan ditambah fasilitasnya,”pungkasnya. (ind/hms5/Adv)


Dermaga Wisata Eks Pasar Gayam Akan Dibenahi

Sabtu, 25/11/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.