Kebut Pembahasan Raperda Pelayanan Publik


korankaltim
korankaltim
2017-05-22 07:00:49
Komisi I DPRD Kaltim Optimis Disahkan Juni



SAMARINDA - Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pelayanan Publik terus digodok. Komisi I DPRD Kaltim optimis akan menyelesaikan raperda tersebut pada Juni mendatang. Hal ini diungkapkan Josep, Ketua Komisi I DPRD Kaltim saat melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak Biro Hukum, Biro Organisasi, dan Perwakilan Ombudsman RI, serta stake holder terkait, Rabu (18/5) kemarin.

Raperda pelayanan publik ini diharapkan mampu memberikan payung hukum terhadap pemerintahan dalam menjalankan pelayan sesuai dengan undang-undang. “Kita ingin menciptakan Good Governance di Kaltim, sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa maksimal,” ujar Josep.

Didampingi hampir sejumlah anggota Komisi I DPRD Kaltim, Josep menjelaskan substansi pasal-perpasal dari isi reprda, serta pembahasan selanjutnya pada tahap akhir. “Pekan depan akan kita lakukan pembahasan akhir, kemudian dikonsultasikan ke Kemendagri dan uji publik,” terangnya.

Subtansi pembahasan yang dimaksud pada RDP pembahasan raperda tersebut dikatakan dia lebih kepada bagaimana pelayanan terhadap masyarakat dan kewenangan. “Ada beberapa hal mengenai informasi publik yang sudah dibahas bersama. Kita ingin semua keterlibatan, dalam hal ini pemerintah, DPRD, maupun swasta serta masyarakat untuk ikut mendukung keterbukaan informasi publik,” sebut politikus Gerindra ini.

Lanjut dia, pengadaan pelayanan publik itu merupakan kewajiban pemerintah daerah. Atas hal itulah dibentuk Raperda tentang Pelayanan Publik di Kaltim, sebagai pengingat sekaligus pemicu pemerintah untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang lebih baik. “Harapan kami, pelayanan publik di Kaltim bisa semakin baik, sesuai dengan harapan masyarakat,” imbuhnya. (hms)

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
9 bulan yang lalu | dibaca 350 kali
img
korankaltim
korankaltim
2 tahun yang lalu | dibaca 1.904 kali
img