Langganan Banjir, Warga Mugirejo Tanam Pohon


korankaltim
korankaltim
2017-05-22 07:10:26
SAMARINDA - Dalam rangka menanggulangi banjir, warga Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang menggelar aksi tanam 2000 pohon di kawasan RT 01 sampai RT 19.

Secara simbolis, penanaman pohon dilakukan langsung oleh Camat Sungai Pinang Siti Hasanah, bersama Lurah Mugirejo M Idham beserta Ketua LPM Iwan Wardhana dan warga Minggu (21/5) kemarin.

Di tengah hujan yang mengguyur, warga tetap antusias melakukan penanaman pohon, yang sedianya hendak dihadiri Walikota Samarinda Syaharie Jaang tersebut.

“Ini merupakan program rutin, dan berkesinambungan, dengan melibatkan seluruh warga untuk terlibat. Sehingga tak hanya di tanam, namun juga merawatnya. Pak Wali berhalangan hadir, karena hujan dan ada agenda,” ujar Siti Hasanah.

Siti menuturkan, penanaman pohon dilakukan secara bertahap, sehingga tidak semua bibit pohon sejumlah 2000 tersebut langsung ditanam. Hal ini, kata dia agar program penanaman pohon menjadi lebih berdampak dan maksimal.

Untuk itu, selain bibit ditanam di sepanjang jalan, namun juga di titik rawan banjir dan longsor.

“Kami berharap program ini bisa berdampak, artinya tidak hanya menanggulangi banjir, namun juga longsor serta dalam rangka menghijaukan lingkungan,” paparnya.

Sementara itu, Lurah Mugirejo M Idham mengatakan, bibit yang ditanam didapat dari Dinas Lingkungan Hidup, dan bantuan dari pihak swasta, serta dari bantuan swadaya dari masyarakat.

“Kalau bibit ini kayu Terbesi, karena akarnya kedalam sehingga lebih kuat. Selain itu, pertumbuhannya juga relatif cepat,” ungkapnya. (rs)

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
11 bulan yang lalu | dibaca 878 kali
img
korankaltim
korankaltim
9 bulan yang lalu | dibaca 350 kali
img