Pemda Diminta Konsolidasi Pusat


korankaltim
korankaltim
2017-05-23 15:00:39
JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta agar janji kampanye kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak 2015 segera dilaksanakan.Jika ada hambatan seperti satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tak mampu mewujudkan hal tersebut, Mendagri meminta agar langsung dicopot.

“Kalau tidak capai target ganti saja. Karena pengaruhi program kerja, termasuk Sekretaris Daerah (sekda),” ujar Tjahjo di Jakarta, Senin (22/5) kemarin.

Tjahjo juga berujar, sebaiknya kepala daerah dan wakilnya memilih Sekda dari orang-orang yang ia percayai. Alasannya, lagi-lagi demi terealisasinya program kerja dengan baik.

“Sekda harus orang kepercayaan gubernur, bupati/walikota. Harus orang yang tepat agar program pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik,” kata dia.

“Terlebih, terhadap program strategis pemerintahan pusat. Laksanakan program tersebut dengan baik,” tutup politisi Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) tersebut.

Tjahjo juga mengingatkan agar pemerintah daerah harus bersinergi dengan pemerintah pusat. Selain menjalankan programnya sendiri, pemerintah daerah diharapkan juga memastikan proyek strategis pemerintah pusat terus berjalan. Sebab, sinergitas sangat diperlukan dalam pembangunan.

“Segera koordinasi dengan DPRD, Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk masing-masing ambil peran mensinergiskan dan memastikan program strategis dari pemerintah pusat terlaksana,” ujar Tjahjo.

“Bangun hubungan tata kelola pemerintahan daerah secara efektif dan efisien dengan pemerintah pusat. Ini penting untuk landasan pembangunan,” lanjut dia. (kc)

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
1 tahun yang lalu | dibaca 3.733 kali
img
korankaltim
korankaltim
1 tahun yang lalu | dibaca 538 kali
img