Pemkot Siapkan 1.100 Unit Rumah


korankaltim
korankaltim
2017-05-22 07:00:44
Untuk Warga yang Terkena Bencana Alam



SAMARINDA - Pemkot Samarinda berencana untuk membangun tidak kurang dari 1.100 unit rumah baru. Pembangunan rumah baru ini dialokasikan untuk warga yang terkena dampak bencana alam, seperti kawasan longsor di Selili. Di kawasan itu, saat ini tercatat ada 160 rumah yang terancam longsor susulan, sedangkan ada 17 rumah yang sudah dipastikan rusak karena bencana alam itu. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail.

“Kami sudah merancang dua solusi untuk ini. Salah satunya memberikan hibah berupa tanah dan rumah, sehingga kami akan mengusulkan pada BNPB untuk keluarkan dana siaga untuk membangun 1100 rumah secara bertahap,” ujar Nusyirwan.

Untuk merealisasikannya, ia memastikan telah meminta Badan Penanggulangan BencanaDdaerah (BPBD) untuk segera mengusulkan. “Ini kan ranahnya BPBD, jadi biar efektif dan sesuai dengan data yang mereka miliki,” urainya.

Jika tidak bisa dilaksanakan, rencana selanjutnya yaitu mengupayakan pembangunan rumah murah versi Presiden RI Jokowi untuk masyrakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Uang mukanya 1 persen dan cicilan Rp 500 ribu per bulan selama 20 tahun, sehingga kepemilikannya lebih jelas, yaitu milik pribadi,” jelasnya.

Sedangkan untuk melakukan evakuasi pada 17 rumah yang sudah terkena longsor, Pemkot Samarinda akan memindahkan sementara ke Perumahan Kopri dengan meminjam.

“Itu juga untuk sementara. Tapi masih kami proses dulu di internal. Saya mau tanya dulu PNS ini setuju atau tidak, Kalau setuju maka akan ada perjanjian surat pernyataan peminjamaan agar para PNS tidak resah. Ini juga tergantung dari PNS apakah mau dibayar atau tidak, makanya kami akan koordinasikan dulu di internal kami. Kami juga akan menetapkan waktu hingga 2017 saja. Karena ditawarkan pindah ke rusunawa mereka menolak,” pungkasnya. (ms)

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
2 tahun yang lalu | dibaca 2.478 kali
img