Rabu, 31/01/2018

Program Si Jempol Manjakan Warga

Rabu, 31/01/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Program Si Jempol Manjakan Warga

Rabu, 31/01/2018

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT), meluncurkan program Si Jempol (Sistem jemput Bola Langsung Pelayanan). Program ini akan diluncurkan pada hari Jadi kota ke-121, pada tanggal 9 Februari 2018 mendatang.

Program Si Jempol, tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat maupun investor.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Elvin Djunaedi mengatakan, program ini dibuat untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat maupun investor, dalam hal kepengurusan perizinan usaha ataupun Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Terobosan 2018 ini program Si Jempol, sebagai upaya kita menjemput bola dalam pelayanan. Termasuk mendekatkan ke masyarakat dalam pelayanan publik, khususnya dalam pengurusan perizinan,” kata Elvin, Selasa (30/1).

Sebelumnya, Dinas Perizinan telah memberikan kemudahan pelayanan pengurusan perizinan selama beberapa jam, yang dilayani setiap Senin malam. Pada tahun 2018 ini, kemudahan-kemudahan dalam berinvestasi terus dilakukan.

“Kemudahan-kemudahan dalam melakukan pengurusan perizinan terus kita berikan. Seperti layanan Senin malam, dimana pengurusan perizinan dibuka pada malam hari. Sehingga memudahkan masyarakat untuk yang tak punya waktu siang hari bisa dilakukan malam hari,” terangnya.

Program Si Jempol ini nantinya, petugas atau SDM yang ada akan mendatangi langsung di sebuah kawasan yang ada perniagaan, maupun kawasan pemukiman.

“Misalkan di kawasan perniagaan, kita datang ke sana terus ada pelayanan izin usaha. Kita berkoordinasi dengan pengelola setempat. Kita juga melakukan pengelola perumahan, misal pengurusan IMB, sudah ada perubahan bentuk rumah tapi tidak merubah IMB. Nah kita ada di situ dengan memudahkan mereka,” jelasnya.

Dalam melaksanakan program SI Jempol itu, SDM perizinan sudah siap dan tinggal pelaksanaan pada bulan Februari 2018. Pada tahun ini, pihaknya mendapatkan target PAD dari retribusi IMB sebesar Rp20 miliar. Dia berharap melalui program ini makin mempermudah pencapaian.

“Insya Allah bulan Februari  siap diluncurkan dan SDM (Sumber Daya MAnusia), sudah disiapkan sesuai yang dimiliki. Itu juga suatu bentuk kemudahan perizinan dalam investasi. Retribusi IMB itu tahun ini kita ditarget Rp20 Miliar,” ungkapnya.

Dia mengharapkan, dengan berbagai program kemudahan pelayanan pengurusan perizinan di kota Balikpapan, masyarakat dapat mengurus langsung tanpa harus melibatkan pihak ketiga.

“Biasanya orang melakukan pengurusan perizinan itu menggunakan pihak ketiga. Kalo ngurus sendiri itu lebih mudah, asalkan persyaratan sudah lengkap,” demikian Elvin. (din)

Program Si Jempol Manjakan Warga

Rabu, 31/01/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.