Share?

19 CCTV Tersambung ke Polisi


korankaltim
korankaltim
    2018-02-13 07:48:06.000000
img

ILUSTRASI pemasangan CCTV d kawasan Monumen Nasional di Jakarta Pusat. (Foto: HANDOUT/TEMPO.CO )

BALIKPAPAN - Sebanyak 19 unit Closed Circuit Televison (CCTV) akan dipasang di kawasan jalan protokol Balikpapan. Kamera pengintai itu, juga akan terkoneksi dengan Command Center Polres Balikpapan.

Pengadaan CCTV tersebut dilakukan oleh Dishub Balikpapan untuk meningkatkan pengawasan ketertiban pengguna jalan. Selain itu juga untuk memantau adanya pelaku aksi kejahatan di jalan raya.

“Kita akan tambah 19 unit CCTV ruang kontrol. Nanti akan terkoneksi ke Polres Balikpapan,” kata Kadishub Kota Balikpapan Sudirman Djayalaksana.

Kawasan jalan yang akan dilengkapi CCTV tersebut seperti Jalan Sudirman, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Syarifudin Yoes, serta Jalan MT Haryono.

Diketahui sebelumnya sudah ada 15 unit CCTV yang terpasang di sejumlah titik simpang jalan. Untuk realisasi pemasangan 19 unit CCTV dipastikan pada pertengahan tahun 2018.

Dijelaskan SUdirman, CCTV tersebut dapat merekam aksi kejahatan jalanan, sehingga pihak Kepolisian dengan mudah melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku kejahatan.

“Untuk di Jalan Jenderal Sudirman, akan awasi pemakai jalan yang parkir sembarangan. Kalau di Jalan Syarifuddin Yoes dan MT Hariyono mengawasi kecelakaan lalulintas yang selalu rawan. Pelaku kejahatan juga bisa termonitor kamera CCTV,” terang Sudirman.

Menurutnya, CCTV sangat membantu petugas dalam melakukan pengawasan  di lapangan. “Kalau bertugas bertumpu pada personel saja, juga tidak maksimal. Petugas yang kita punya tidak bisa semuanya mengawasi seluruh kota,” tutup Sudirman. (yud)

berita TERKAIT


baca LAINNYA

Korankaltim.com - Cerdas Bersama Rakyat