Selasa, 11/07/2017

Rp170 Ribu Buat Urus Surat Bebas Narkoba

Selasa, 11/07/2017

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Rp170 Ribu Buat Urus Surat Bebas Narkoba

Selasa, 11/07/2017

logo

Ilustrasi

PPDB ONLINE memang bikin sibuk tidak hanya guru ajar, melainkan juga orangtua. Mereka ditenggat waktu untuk mendaftarkan anaknya, ke sekolah sesuai zonasi, dan nilai yang dikantongi.

Selain itu, orangtua juga kembali merogoh kocek mereka, untuk mengurus surat keterangan syarat bebas dari penggunaan narkoba. Nominalnya Rp 170 ribu per anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Balerina memastikan, Rp170 ribu per anak atau siswa, menjadi retribusi dimana telah diatur dalam Perda Provinsi Kalimantan Timur.

Diterangkan Balerina, proses dikeluarkannya surat keterangan bebas penggunaan narkoba dari DKK itu, harus memenuhi 5 parameter, yang sudah ditentukan.

Kelima parameter itu adalah tiap siswa, mendapatkan pemeriksaan bebas heroin, psiktropika, ganja, dan sabu. “Jadi, semua lengkap. Itu sudah (diatur) di Perda Kaltim untuk pembayaran. Ya, sebagai retribusi,” ungkap Balerina.

Dia menjelaskan, DKK sendiri melayani pemeriksaan melalui klinik, yang melibatkan 5 personil DKK. “Pegawai DKK turun semua, bantu pemerksaan di klinik,” sebut Balerina.

Selain DKK, pemeriksaan untuk mendapatkan surat bebas narkoba juga dapat dilakukan di Rumah Sakit Bhayangkara, RSUD Kanujoso Djatiwibowo hingga juga melalui Puskesmas.

Dari hasil pemeriksaan di DKK, Balerina menyebutkan ada tiga orang yang positif menggunakan narkoba. Kendati demikian, kesemuanya memiliki riwayat pernah menjalani perawatan di rumah sakit disebabkan menderita sakit.

“Yang pertama-tama ada temuan tapi bukan karena sengaja tapi karena dia sakit. Jadi ada obat-obat tertentu, CTM saja bisa. Ada obat-obatan tertentu dia (siswa) minum, dan saat pemeriksaan urine terbaca. Tapi semua rata-rata mereka pernah dirawat. Itu nggak masalah,” terangnya. (din)


Rp170 Ribu Buat Urus Surat Bebas Narkoba

Selasa, 11/07/2017

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.