Sabtu, 24/11/2018

Bursa Kerja Disnaker, Pencari Kerja Bisa Ikut "Koper Murah"

Sabtu, 24/11/2018

Kepala Disnaker Balikpapan, Tirta Dewi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Bursa Kerja Disnaker, Pencari Kerja Bisa Ikut "Koper Murah"

Sabtu, 24/11/2018

logo

Kepala Disnaker Balikpapan, Tirta Dewi

KORANKALTIM.COM, BALIKPAPAN - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) akan kembali menggelar Pameran Bursa Kerja atau Job Market Fair (JMF) di Balikpapan Trade Center pada 1 - 2 Desember mendatang. JMF menjadi ajang pencarian lapangan pekerjaan bagi lulusan SMA sederajat dan sarjana.

Kepala Disnaker Balikpapan, Tirta Dewi mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan Agung Podomoro Land setelah sebelumnya JMF dilaksanakan di Dome.

“Memang kami ada kerja sama dengan APL dan pada 2019 nanti juga digelar tiga kali JMF,” kata Tirta Dewi sembari menjelaskan hasil evaluasi atas even serupa pada 2018 ini (23/11).

“Bagus aja ya, karena sudah hampir 50 persen laporan masuk ke kami mengenai penerimaan pekerja atau pun pemagangan oleh perusahaan-perusahaan yang ikut JMF. Ya ada 700-an tenaga kerja yang diterima,” bebernya.

Sementara untuk JMF nanti merupakan sumbangsih tanggung jawab sosial dari APL berupa penyiapan tempat. “Kurang lebih ada 40 perusahaan yang ikut,” ucapnya.

Disnaker menargetkan jumlah perusahaan dan calon tenaga kerja yang ikut JMF lebih besar dari even sebelumnya, baik JMF di BTC maupun di Dome Balikpapan.

“Even yang besar dua kali dilaksanakan di Dome dan yang kecil digelar di APL. Mudah-mudahan bisa diikuti sekitar 90 perusahaan,” ujarnya.

Khusus untuk JMF di BTC, lokasi tepatnya berada eks pujasera Pasifica. “Kalau perusahaan yang ikut ada 40an, tapi untuk posisi lowongan kerja, saya belum lihat datanya,” tutur Tirta.

Sedangkan angka pencari kerja pada tahun ini lebih dari 7 ribu orang dengan lulusan terbanyak adalah SMA sederajat. Sehingga Disnaker menargetkan tiga kali JMF pada 2019 mendatang.

“Yang pasti kalau pencari kerja mau ikut JMF harus punya AK-1 atau kartu kuning. Makanya, lebih baik segera diurus agar antreannya nggak terlalu panjang,” sarannya.

Pasalnya, pembuatan kartu kuning dipastikan membeludak bila diurus saat mendekati pelaksanaan JMF. Mengingat pengalaman sebelumnya, dalam sehari Disnaker melayani 300 orang ketika dua minggu sebelum JMF.

“Kami juga menyiapkan konseling bagi pencari kerja yang dinamakan Koper Murah (Konseling Pencari Kerja Bermutu dan Murah) alias gratis,” jelasnya.

Program Koper Murah itu memberikan pelayanan setiap hari kepada pencari kerja dalam menyiapkan fisik dan mentalnya. “Bagi yang fresh graduate atau baru lulus, konseling ini sangat membantu,” tutup Tirta. (hn)

Bursa Kerja Disnaker, Pencari Kerja Bisa Ikut "Koper Murah"

Sabtu, 24/11/2018

Kepala Disnaker Balikpapan, Tirta Dewi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.