Kamis, 24/08/2017

Tak Sekadar Kelola Aplikasi, Mesti Waspadai Peretas

Kamis, 24/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Tak Sekadar Kelola Aplikasi, Mesti Waspadai Peretas

Kamis, 24/08/2017

logo

DUA BELAS Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Balikpapan yang mengelola aplikasi pelayanan publik berbasis sistem informasi, mengikuti pelatihan dan bimtek pencegahan peretasan dari peretas (hacker). Mereka mendapatkan pelatihan dari BPPT.

Peserta, yang umumnya adalah administrator aplikasi pelayanan publik ini, mengikuti pelatihan yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan.

Kegiatan selama dua hari ini untuk memberikan pemahaman pengelola aplikasi, terhadap risiko-risiko yang dapat muncul saat aplikasi dijalankan.

“Saat adanya gangguan layanan, pengelola harus bisa mengembalikan layanan itu secepat mungkin,” kata Kepala Bidang e-Government Kominfo Balikpapan Adamin Siregar, Rabu (23/8).

Adamin menjelaskan untuk dapat mencegah risiko tersebut, pengelola diharapkan dapat mengetahui celah-celah yang dapat menjadi penyebab terganggunya sistem pada aplikasi.

Risiko terganggunya sistem bisa bersumber dari kerusakan data, ketersediaan infrastruktur pendukung seperti genset, yang digunakan saat listrik padam, hingga SDM pengelola aplikasi.

“Kalau personilnya cuti, siapa penggantinya? Jangan sampai ada gangguan ternyata orangnya (pengelola aplikasi) tidak masuk. Tentu, masyarakat tidak mau tahu soal itu,” ujarnya.

Dijelaskan Adamin, upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi risiko tersebut adalah dengan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengelolaan aplikasi secara fisik. Seperti mengatur siapa saja yang berhak dan diperbolehkan masuk ke ruang server.

Ruang server ini menjadi otak dari seluruh aplikasi yang dijalankan Pemkot. “Jadi harus ada yang ditugaskan dalam bentuk SK (Surat Keputusan),” tambahnya.

Tidak kalah penting lanjut Adamin, selain menerapkan aturan pengelolaan aplikasi secara fisik, hal lain yang dilakukan yakni membangun sistem keamanan, untuk melindungi dari peretas

Sementara narasumber yang dihadirkan dalam Bimtek ini berasal dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). “Hari ini (kemarin) materinya tentang penyiapan firewall atau security, yang langsung mengamankan jaringan server,” terang Adamin. (din)

Tak Sekadar Kelola Aplikasi, Mesti Waspadai Peretas

Kamis, 24/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.