Jumat, 03/11/2017

Banyak Pendatang Belum Rekaman KTP Elektronik

Jumat, 03/11/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Banyak Pendatang Belum Rekaman KTP Elektronik

Jumat, 03/11/2017

BALIKPAPAN - Jumlah pendatang ke kota Balikpapan setiap bulannya, rata-rata diperkirakan 2.500-3.000 orang. Per tahun mencapai 30-35ribu orang pendatang. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Balikpapan Chairil Anwar mengatakan, dari jumlah itum kebanyakan belum melakukan perekaman E-KTP di tempat asal mereka tinggal.

Kesimpulan itu diketahui saat pendatang melakukan pelaporan dan pengurusan surat pindah.

“Memang pendatang ini jumlah sekitar 3.000-an per bulan. Banyak dari mereka yang belum melakukan perekaman E-KTP. Kami minta mereka melakukan perekaman E-KTP karena penting bagi warga mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” kata dia, dikonfirmasi kemarin.

NIK menjadi salah satu pula persyaratan yang harus dimiliki penduduk, untuk mengurus berbagai kebutuhan Kependudukan termasuk salah satu 

 syarat wajib, menjadi pemilih dalam Pilpres dan Pileg, yang dihelat April 2019.

“Makanya harus melakukan perekaman, agar data diri kita terekam dan di situ ada NIK-nya. Kami menghimbau kepada masyarakat termasuk pendatang, untuk melakukan perekaman E-KTP,” ujar Chairil.

Perekaman E-KTP ini lanjutnya dilakukan terus menerus karena jumlah penduduk makin bertambah, termasuk yang akan menginjak usia 17 tahun. 

“Kami juga melakukan perekaman kepada warga yang sakit. Informasikan kepada kami, kami akan datang melakukan perekaman E-KTP mobile ke rumah warga,” demikian Chairil. (din)

Banyak Pendatang Belum Rekaman KTP Elektronik

Jumat, 03/11/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.