Home >> Bontang - Kutim >> Basri Evaluasi Kontraktor Proyek DAK

Basri Evaluasi Kontraktor Proyek DAK

BONTANG – Memastikan pembangunan fasilitas umum bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) berjalan sesuai target, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase meninjau progres pengerjaan proyek di Kelurahan Bontang Lestari, Kamis (1/12) kemarin. Basri berharap proyek itu bisa selesai, sebelum tutup buku akhir tahun.
Didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bontang Taviv Nugroho dan beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemkot Bontang, Wawali Basri memantau perkembangan proyek peningkatan kualitas Jalan Moh Roem, Jalan Urip Sumiharjo, Karta Bakti Skangat, serta pembangunan gedung Lumbung Padi di Nyerakat Kiri.
Basri meminta, agar semua proyek yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) ini bisa rampung sebelum 20 Desember mendatang, sebagaimana yang ditentukan pemerintah pusat.
Dia tak ingin pembangunan proyek itu molor dan berimbas masalah administrasi dengan penyalur anggaran.
“Menyelesaikan proyek pembangunan melalui DAK ini perlu sekali. Karena, selain untuk kepentingan administrasi, juga sebagai cara untuk meyakinkan pemerintah pusat. Kalau Pemkot Bontang bisa melaksanakan pembangunan melalu DAK tepat waktu sekaligus bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi pemerintah pusat untuk terus memberikan DAK ke Bontang,” terangnya.
Basri menerangkan, dia sangat berharap semua proyek pembangunan fasilitas umum bisa dikelola dengan baik serta tepat sasaran. Selain itu, dia juga akan mengevaluasi kontraktor pelaksana yang menangani proyek pembangunan di Bontang.
“Ke depan, untuk proses pelelangan proyek yang menggunakan DAK, akan diberikan syarat-syarat khusus. Sehingga perusahaan yang bisa memenangkan tender memang perusahaan yang siap, bertanggung jawab, serta memiliki kualitas pekerja yang bagus,” ujarnya.
Untuk diketahui, dengan kondisi keuangan yang terjepit, Bontang dipastikan akan lebih banyak bergantung dengan pendanaan pusat dalam pembangunan.
Kedepannya, Pemkot akan banyak melakukan lobi ke pusat, agar kementerian menyalurkan programnya ke Bontang. Pembangunan lumbung padi di Nyerakat adalah salah satu program dari pemerintah pusat. (ram914)