Selasa, 18/09/2018

Pemilih Ganda Terbanyak di Balikpapan Selatan

Selasa, 18/09/2018

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemilih Ganda Terbanyak di Balikpapan Selatan

Selasa, 18/09/2018

logo

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha

KORANKALTIM.COM, BALIKPAPAN - Komisi Pemilihan Umum belum menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP) sebanyak 424.485 pemilih kendati jumlah pemilih untuk Pemilu 2019 di Kota Balikpapan sudah jelas jumlahnya.

"Setelah dilaporkan ke KPU Kaltim, ternyata Bawaslu menemukan adanya pemilih yang sudah meninggal tapi masuk dalam DPT dan belum dilakukan pengurangan," kata Noor Thoha, Ketua KPU Balikpapan, Selasa (18/9/2018) pagi tadi.

Hasil temuan itu kemudian dilaporkan kembali ke KPU RI. "Ternyata setelah dibawa ke Jakarta penetapan DPTHP ditunda karena ada beberapa daerah seperti Jawa Tengah yang DPT-nya ganda sekitar 80 ribuan pemilih," lanjutnya.

Sebelumnya hasil pencermatan Bawaslu Balikpapan ditemukan 1.761 pemilih ganda. Namun setelah diteliti ulang, jumlah pemilih ganda berkurang menjadi 905 pemilih ditambah 16 pemilih yang sudah meninggal. "Jumlah temuan itu mengurangi DPT yang kami tetapkan yakni 425.406 pemilih," ucap Noor Thoha sambal menjelaskan pencermatan meliputi kegandaan pemilih, pemilih di bawah umur, TNI Polri dan pemilih yang telah meninggal.

Balikpapan Selatan menjadi kecamatan yang paling banyak ditemukan pemilih ganda sebesar 314 pemilih. "Bisa dipahami karena disana kecamatan yang jumlah penduduk dan mobilitasnya lebih besar," ujarnya.

Pemilih ganda juga ditemukan di kecamatan Balikpapan Utara sebesar 216 pemilih, Balikpapan Tengah 131 pemilih, Balikpapan Timur 88 pemilih, Balikpapan Kota 87 pemilih dan terakhir di kecamatan Balikpapan Barat sebanyak 69 pemilih. (*)


Penulis : Hendra

Editor: Aspian Nur

Pemilih Ganda Terbanyak di Balikpapan Selatan

Selasa, 18/09/2018

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.