Selasa, 06/11/2018

Jangan Terlalu Sering Cuci Helm, Ini Alasannya ...

Selasa, 06/11/2018

Helm motor (Foto: thinkstock)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Jangan Terlalu Sering Cuci Helm, Ini Alasannya ...

Selasa, 06/11/2018

logo

Helm motor (Foto: thinkstock)

KORANKALTIM.COM – Sebagus apapun helm yang anda miliki pasti memiliki umur tertentu yang kondisinya tidak sebagus saat pertama kali dibeli. Kurangnya tingkat keamanan helm seiring dengan penggunaan menjadi hal yang tidak bisa dihindari apalagi tidak dirawat dengan baik. Hal yang paling sering ditemui oleh helm yang sudah berusia satu tahun pemakaian adalah busa mulai menipis.  "Setelah setahun biasanya yang terjadi adalah busa mengempot, kasar, dan helm tidak semantap waktu pertama pakai. Kelonggaran itu akan mengganggu kenyamanan berkendara," ungkap Teknikal Direktur NHK, Johanes Cokrodiarjo seperti yang dikutip korankaltim.com dari detik.com.

Untuk mengatasi hal tersebut sejumlah pembuat helm sudah menyediakan sparepart helm yang bisa dganti jika mengalami kerusakan.  "Untuk mengatasinya bisa ganti interior yang baru. Tapi kalau emang helm terus berkembang dan ada terobosan baru lebih baik langsung ganti helmnya," saran Johan.

Faktor kebersihan juga menjadi ironi dalam perawatan helm, jika tidak dicuci tentu akan semakin kotor dan berpotensi menimbulkan penyakit sedangkan jika sering dicuci akan mempercepat kerusakan interior helm.  "Helm dicuci ada efeknya. Semakin dicuci akan bikin kendor. Helm itu barang indoor it's not mean to be wash, tapi tentu ini perlu karena faktor higienis. Jika semakin sering dicuci ada baiknya diganti," tambah Johan.

Johan juga mengingatkan kepada pemilik helm untuk menjaga helmnya selalu dalam kondisi kering jika tidak digunakan.  "Setelah dipakai helm harus dikeringkan jangan sampai kotor. Jangan simpan helm dalam kondisi basah karena bisa jamuran apalagi saat kondisi hujan akan rawan basah." (*)

Jangan Terlalu Sering Cuci Helm, Ini Alasannya ...

Selasa, 06/11/2018

Helm motor (Foto: thinkstock)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.