Minggu, 23/06/2019

Majelis Assyifa’ul Qulub Gelar Haul Akbar Datuk Kelampayan

Minggu, 23/06/2019

Pimpinan Majelis Assyifa’ul Qulub, Habib Aulia bin Yahya

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Majelis Assyifa’ul Qulub Gelar Haul Akbar Datuk Kelampayan

Minggu, 23/06/2019

logo

Pimpinan Majelis Assyifa’ul Qulub, Habib Aulia bin Yahya

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG – Majelis Salawat Burdah Assyifa’ul Qulub Tenggarong menggelar haul akbar ulama kharismatik Syekh Maulana Muhammad Arsyad Al-Banjari atau yang dikenal dengan Datuk Kelampayan.

Haul edisi ke-213 ini akan digelar di Sekretariat Majelis Assyifa’ul Qulub di Jalan Gunung Gandek, Nomor 36, RT 26, Kelurahan Melayu, pada Senin (24/6), malam ini.

Pimpinan Majelis Assyifa’ul Qulub Habib Aulia bin Yahya mengatakan, haul akbar ini merupakan yang pertama kalinya digelar di Tenggarong. 

“Biasanya haul ini diadakan setiap tahunnya tapi hanya digelar di majelis-majelis, tidak pernah dalam bentuk akbar seperti ini,” katanya.

Karena untuk pertama kalinya digelar, lanjutnya,  pihaknya melakukan sosialisasi jauh hari untuk meningkatkan animo masyarakat, khususnya di Tenggarong dan sekitarnya, agar menghadiri haul akbar Datuk Kelampayan.

“Kami sudah sebar luaskan informasi terkait acara ini, pasang reklame di (Kecamatan) Kota Bangun, Sebulu, simpang Melak, Handil (Kecamatan Muara Jawa), Samarinda, Tenggarong Seberang. Untuk promosinya sudah lumayan, belum lagi di medsos (media sosial),” tuturnya.

Di Tenggarong saja, ada sebanyak 20 titik dipasang baleho hingga spanduk. Menurutnya, haul ulama besar Indonesia dan dikenal hingga ke mancanegara tersebut harus diramaikan.

“Keturunan beliau alim-alim kan, termasuk Guru Sekumpul, kalau tidak salah itu (Guru Sekumpul) keturunan beliau (Datuk Kelampayan) ke-8. Kalau Guru Sekumpul saja diramaikan apalagi datuknya,” tuturnya.

Dengan digelarnya haul akbar ini, sambung Aulia, kini warga tidak perlu jauh-jauh lagi ke Kelampayan, Kecamatan Astambul, Kalimantan Selatan, untuk mengikuti haul akbar setiap tahunnya, khususnya warga Banjar yang kini bermukin di Tenggarong dan sekitarnya.

“Kami inisiatif mengadakan (haul) disini, karena untuk berangkat ke Banjar tentu memakan waktu, karena haul di sana digelar tanggal 5-6 Syawal, jadi kalau untuk berangkat ke sana kebanyakan susah, suasana hari raya harus perjalanan jauh, kecuali pulang kampung,” ungkapnya.

Selain itu, haul ini untuk memperkenalkan para solihin atau orang-orang yang saleh kepada anak-anak muda agar mau menuntut ilmu dan datang ke majelis-majelis ilmu dan salawat.

“Saat ini banyak anak muda yang lebih gemar main game online dari pada belajar,” tegas Habib Aulia.

Dalam kesempatan ini, ia mengajak warga untuk datang dan menghadiri haul akbar Datuk Kelampayan. Selain membaca doa haul, ada pembacaan salawat burdah dan salawat habsi.

“Mari ramaikan haul akbar ini dan bersama-sama kita bersalawat. Karena tidak ada amalan lain yang langsung dicontohkan Allah kecuali salawat,” pungkasnya. 


Penulis : M.Salehuddin

Editor : M. Huldi

Majelis Assyifa’ul Qulub Gelar Haul Akbar Datuk Kelampayan

Minggu, 23/06/2019

Pimpinan Majelis Assyifa’ul Qulub, Habib Aulia bin Yahya

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.