Senin, 04/11/2019

Benahi Cara Penggunaan Dana BOS, Disdikbud Lakukan Pendampingan Sekolah

Senin, 04/11/2019

Tulus Sutopo

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Benahi Cara Penggunaan Dana BOS, Disdikbud Lakukan Pendampingan Sekolah

Senin, 04/11/2019

logo

Tulus Sutopo

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG - Untuk mengoptimalkan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah Nasional  (BOSNas) dan Kabupaten (BOSKab) dengan  benar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar melakukan pendekatan secara persuasif ke sekolah-sekolah.

Seperti  di Kecamatan Tabang, Disdikbud melakukan pembinaan khusus kepada sekolah-sekolah  setiap Sabtu dan Minggu untuk membenahi cara  penggunaan dana BOS.


"Jadi kita beri perlakuan khusus untuk mendampingi mereka," kata Kabid Pendidikan Sekolah Dasar, Tulus Sutopo kepada Korankaltim.com, Senin (4/11/2019).

Tulus mengungkapkan, dari 250 sampel sekolah yang diuji tata cara penggunaan dana BOS-nya ternyata ada 245 sekolah yang belum benar cara penggunaannya pada 2018 lalu. Dari situ, lanjutnya, Disdikbud berkomitmen kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan pendampingan terhadap sekolah-sekolah tersebut.

"Kesalahan yang dilakukan itu karena ketidak tahuan mereka, bukan karena kesengajaan," ujarnya.

Tulus mengungkapkan, sudah menjadi acuan bertahun-tahun nilai BOSNas bagi SD ditetapkan Rp800  dan BOSKab sebesar Rp400 ribu per siswa per tahunnya.

Pihaknya menyampaikan permohonan kenaikan besaran BOSKab ke Bupati Kukar Edi Damansyah menjadi Rp 800 ribu per siswa per tahun. 

Disdikbud juga memberikan standar terhadap sekolah yakni minimal sebanyak 60 siswa pada tahun depan. Bagi sekolah kecil yang muridnya kurang dari 60 siswa maka tetap dihitung 60 siswa sebagai bentuk keringanan.

"Tetapi kami berharap dapat dinaikkan untuk tahun yang akan datang, sembari mengikuti perkembangan pendapatan daerah," pungkasnya.


Penulis: Reza Fahlevi

Editor: M.Huldi

Benahi Cara Penggunaan Dana BOS, Disdikbud Lakukan Pendampingan Sekolah

Senin, 04/11/2019

Tulus Sutopo

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.