Jumat, 22/05/2020

BMKG Prediksi Hujan Saat Lebaran, Mendingan Di Rumah Saja

Jumat, 22/05/2020

Ilustrasi Hujan ( Foto: Freepik)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

BMKG Prediksi Hujan Saat Lebaran, Mendingan Di Rumah Saja

Jumat, 22/05/2020

logo

Ilustrasi Hujan ( Foto: Freepik)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Hujan lebat yang mengguyur Kota Samarinda sejak Jumat (22/05/2020) dinihari tadi menimbulkan genangan di beberapa titik rawan banjir. Hujan dengan intensitas serupa, diprediksi masih akan terjadi hingga akhir Juni mendatang.

Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kota Samarinda Riza Alfian Noor, mengatakan, pihaknya memperkirakan hujan juga akan terjadi pada periode 23 hingga 25 Mei ini.

Artinya, kemungkinan besar Samarinda akan diguyur hujan, saat Hari Raya Idulfitri atau Lebaran nanti. "Kami prediksi musim kemarau paling cepat akhir bulan Juni. Itu daerah Kaltim bagian utara, untuk Samarinda diprediksi di akhir bulan Juli baru masuk kemarau. Artinya  masih harus tetap waspada," ujar Riza, dikonfirmasi melalui sambungan telepon pagi tadi

Masih tingginya curah hujan karena pola karakteristik pada masa transisi menimbulkan anomali cuaca. Dimana dalam periode yang relatif pendek, cuaca berubah.

"Kadang panas, kadang hujan, dan curah hujan lebih tinggi dari biasanya. Jadi, 23, 24 dan 24 Mei masih diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas tinggi," paparnya.

Apalagi saat ini sedang terjadi fenomena angin yang disebut tropycal syclhon mangga. Yakni fenomena depresi di permukaan laut, yang menyebabkan angin menjadi lebih kencang yang menyebabkan pola angin menjadi berubah-ubah.

Selain itu, fenomena ini akan meningkatkan pertumbuhan awan pembentuk hujan, di wilayah Indonesia, khususnya Kaltim dan sekitarnya.

"Ya walaupun agak jauh di sebelah barat Indonesia, tapi dampak (tropycal syclhon mangga) ini akan sedikit mempengaruhi pola angin yang ada di Kaltim,"ucapnya.

Dengan prediksi hujan, serta anomali cuaca tersebut Riza mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Pasalnya, hal ini berpotensi menimbulkan genangan bahkan banjir di wilayah Samarinda.

"Imbauan pemerintah untuk lebaran di rumah saja itu pas. Betul itu. Kita banyak-banyak di rumah, karena ada perubahan transisi cuaca yang signifikan," pungkas Riza. [*]


Penulis : Rusdi 

Editor Aspian Nur

BMKG Prediksi Hujan Saat Lebaran, Mendingan Di Rumah Saja

Jumat, 22/05/2020

Ilustrasi Hujan ( Foto: Freepik)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.