Senin, 19/06/2017

Gubernur BI Isyaratkan Ekonomi Kuartal II Menurun

Senin, 19/06/2017

Agus Martowardojo

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

0

Gubernur BI Isyaratkan Ekonomi Kuartal II Menurun

Senin, 19/06/2017

logo

Agus Martowardojo

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo mengindikasikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II ini tidak sesuai harapan. Padahal, sebelumnya bank sentral memprediksi ekonomi kuartal II lebih baik daripada kuartal I lalu dan tumbuh sebesar 5,11 persen.

“Bahwa pertumbuhan di kuartal II mungkin agak sedikit lebih rendah,” kata Agus di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (19/6). Dia belum mau menjelaskan alasan proyeksi pertumbuhan ekonomi uartal II yang lebih rendah. Padahal, pada periode ini ada momen Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri yang biasanya memacu konsumsi dan mengerek pertumbuhan ekonomi.

Yang jelas, menurut Agus, investasi memang mulai meningkat, terutama investasi nonbangunan. Alhasil, momentum pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bakal bergeser ke kuartal III nanti. “Kami lihat investasi swasta sudah mulai bangkit, bahkan yang nonbangunan. Ini mencerminkan nanti pertumbuhan ekonomi 2018 lebih baik,” ujarnya.

Pada pertengahan Mei lalu, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II ini bisa mencapai 5,11 persen. Penopangnya adalah kenaikan ekspor dan konsumsi rumah tangga yang didukung oleh momen Bulan Ramadan.

Pertumbuhan ekspor ditopang oleh kenaikan harga komoditas. Efek lanjutannya, penghasilan masyarakat meningkat, terutama di daerah penghasil produk berbasis Sumber Daya Alam (SDA). 

“Indonesia kalau seandainya harga komoditi di Sumatera, Kalimantan, dan kawasan timur Indonesia itu meningkat biasanya konsumsinya meningkat. Jadi kami harapkan konsumsi akan bangkit di kuartal II dan III,” kata Agus.

Kondisi ini juga diharapkan bisa mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga. Apalagi, pada Ramadan dan Idul Fitri biasanya konsumsi meningkat.

Selain ekspor dan konsumsi rumah tangga, peningkatan konsumsi pemerintah juga mendorong pertumbuhan ekonomi yang positif. Sementara itu, investasi pemerintah juga tumbuh positif, terutama investasi bangunan.

Berdasarkan kondisi tersebut, Agus memperkirakan ekonomi tahun ini bisa tumbuh sebesar 5,2 persen. “Kuartal II (diproyeksi) 5,1 persen. Pada Kuartal III-IV akan di atas 5,2 persen,” katanya. (ktd)


Gubernur BI Isyaratkan Ekonomi Kuartal II Menurun

Senin, 19/06/2017

Agus Martowardojo

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.