Breaking News
Home >> Sportainment >> Chapecoense Diusulkan Juara Copa
DUKA BERSAMA: Fans wanita Chapecoense dengan wajah sedih memperlihatkan rekam jejak klub kesayangannya dalam sebuah majalah.
DUKA BERSAMA: Fans wanita Chapecoense dengan wajah sedih memperlihatkan rekam jejak klub kesayangannya dalam sebuah majalah.

Chapecoense Diusulkan Juara Copa

Salah satu finalis Copa Sudamericana, Atletico Nacional, meminta Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) memberikan gelar juara kepada Chapecoense yang mengalami musibah pesawat jatuh dan membuat sebagian besar pemainnya meninggal dunia Selasa (29/11) lalu.
Chapecoense mengalami kecelakaan pesawat dalam penerbangan ke Bandara Internasional Medellin untuk persiapan melakoni pertandingan final pertama pada Rabu (30/11) kemarin. Peristiwa ini membuat Atletico Nacional ikut bersimpati dan dikabarkan ikhlas memberi titel Copa Sudamericana untuk Chapecoense.
“Kami ingin mempublikasikan kalau Atletico Nacional mengajak Conmebol untuk memberikan gelar Copa Sudamericana kepada Chapecoense sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada korban kecelakaan yang membuat olahraga kami berduka. Chapecoense juara Copa Sudamericana 2016,” tulis pernyataan resmi Atletico Nacional di situs resmi klub.
Suram, stasiun radio Brasil yang berbasis di Porto Alegre, Grenal Radio FM, juga mengatakan hal serupa. “Informasi saat ini adalah Atletico Nacional akan mengirim permintaan kepada Conmebol bahwa mereka menyatakan Chapecoense sebagai pemenang yang sah dari turnamen. Langkah ini mirip dengan apa yang terjadi pada 1949, ketika para pemain Torino tewas akibat kecelakaan pesawat yang menabrak Basilica Superga di Italia dan menewaskan total 31 penumpang dan Liga Italia setuju untuk memberikan Scudetto kepada Torino sebagai bentuk penghargaan. Para direktur dan pemain dari Atletico Nacional juga telah membulatkan suara terhadap apa yang mereka inginkan. Chapecoense akan dinobatkan sebagai juara, jika tidak besok malam, maka dipastikan dalam beberapa hari ke depan,” sebut Suram.
Pernyataan Suram ikut didukung oleh jurnalis olahraga Brasil, Thiago Suman, yang menuturkan, “Chapecoense akan dimahkotai juara Copa Sudamericana.”
Pemerintahan Brasil sendiri menetapkan tiga hari berkabung nasional dan penundaan kompetisi Serie A Brasil selama seminggu imbas musibah itu. Konfederasi sepakbola Brazil (CBF) mengatakan, pertandingan akan diundur menjadi tanggal 11 Desember. Final Copa do Brasil antara Gremio dan Atletico Mineiro, yang akan dilangsungkan hari ini juga dijadwal ulang menjadi 7 Desember. “Berkaitan dengan kecelakaan tragis yang dialami Chapecoense, CBF menetapkan masa berkabung selama tujuh hari,” kata organisasi sepak bola itu dalam suatu pernyataan.
Chapecoense adalah tim liliput dari kota kecil Chapeco. Pada 2014, untuk pertama kalinya sejak 1970, mereka masuk dalam kasta tertinggi Liga Brasil dan pekan lalu berhasil tembus ke final Copa Sudamericana, kompetisi antartim di Amerika Selatan yang setara dengan Europa League. Chapecoense berhasil menembus final setelah mengalahkan wakil Argentina, San Lorenzo. (lbc/mar)