Senin, 25/06/2018

The 2nd Bontang Yoga Day, Memasyarakatkan Yoga untuk Hidup Sehat

Senin, 25/06/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

The 2nd Bontang Yoga Day, Memasyarakatkan Yoga untuk Hidup Sehat

Senin, 25/06/2018

logo

Oleh: 

Ni Made Adnyani

(Ketua Bidang Pembinaan Umat dan Pendidikan PHDI Kota Bontang)


" Sehat adalah kekayaan, kedamaian pikiran adalah kebahagiaan,  Yoga menunjukkan Jalannya "  (Swami Wishnu Devananda) 


KUTIPAN di atas menjadi inspirasi penyelenggara 2nd Bontang Yoga Day. Tema 2nd Bontang Yoga Day adalah yoga for calmness and peace atau yoga untuk ketenangan dan kedamaian. Tema ini merupakan refleksi dari Bontang Yoga Day yang pertama dimana saat itu yoga dianggap sebagai sebuah metode untuk mempertemukan, menyatukan dan menciptakan persaudaraan. Setelah persaudaraan terjalin bisa tercapai hidup bahagia. Yoga menunjukkan jalan untuk mencapai ketenangan dan kedamaian diri sebelum menciptakan ketenangan dan kedamaian di lingkungan sekitar kita, dalam masyarakat dan pada bangsa dan negara. 

Di zaman modern ini, yoga sudah dikenal luas masyarakat dunia. Hampir setiap lapisan masyarakat tertarik untuk belajar dan berlatih yoga. Kebangkitan yoga kini semakin terasa. Hal ini dikarenakan yoga memberi sesuatu yang unik dan bermanfaat dengan nilai–nilai universalnya. Yoga menawarkan suatu pandangan yang holistik tentang hidup sehat dan seimbang. Yoga adalah sebuah seni dan juga sain untuk hidup sehat dan seimbang. 

Pada tanggal 27 september 2014  silam, PBB telah menetapkan satu hari dalam setahun sebagai The International Day of Yoga  atau lebih dikenal sebagai Yoga Day atau World Yoga Day yaitu pada tanggal 21 juni. Masyarakat di berbagai belahan dunia memperingati Yoga Day. Sebagai masyarakat yang mendapat manfaat dari berlatih yoga, komunitas yoga di Bontang dengan antusias ikut memperingati hari yoga internasional. 

Narendra Modi sebagai pemrakarsa World Yoga Day mengatakan bahwa Yoga bukanlah tentang latihan secara fisik saja tetapi untuk menemukan penyatuan antara diri, alam dan lingkungan. Hal ini juga di sampaikan oleh Wakil Walikota Bontang Basri Rase dalam sambutannya pada pembukaan 2nd Bontang Yoga Day. Beliau menyatakan bahwa inti dari yoga adalah penyatuan. Setiap orang selalu terhubung secara timbal balik dengan alam, contohnya manusia membutuhkan oksigen dan alam menyiapkan oksigen melalui tumbuh-tumbhan dan tumbuhan pula mendapatkan karbon dioksida dari manusia. 

Di prakarsai oleh para praktisi yoga,  PHDI kota Bontang bekerjasama dengan Bhadra Yoga Sanstha menyelenggarakan kegiatan ini sebagai upaya memasyarakatkan yoga, guna menciptakan individu-individu yang memiliki ketenangan pikiran dan kedamaian di dalam diri dengan lebih mencintai diri sendiri dan sesama serta alam semesta, juga untuk mewujudkan masyarakat yang sehat secara holistik. 

Kegiatan 2nd Bontang Yoga Day adalah program kerja bidang Pembinaan Umat dan Pendidikan (PUP) PHDI Bontang Periode Tahun 2017-2022. PHDI bekerjasama dengan  Bhadra Yoga Sanstha dalam menyiapkan panduan yoga yang digunakan pada saat kegiatan berlangsung. Instrukturnya berasal dari Bhadra Yoga Sanstha sedangkan para model berasal dari lembaga pendidikan keagamaan Hindu Pasraman Widya Bhuana Bontang. 

2nd Bontang Yoga Day diselenggarakan Sabtu, 23 Juni 2018 lalu di Taman Adipura Bontang, jalan Piere Tandean, Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara. Kegiatan yang dimulai pada pukul 06.30 WITA ini dihadiri Wakil Walikota Bontang, Polres Bontang, Dinas Kominfo, Dinas Pertamanan, Kelurahan Bontang Baru, Kelurahan Bontang Kuala, Polsek Bontang Utara, PT. Badak NGL, PHDI Bontang, Bhadra Yoga Sanstha, WHDI Bontang, PERADAH Kota Bontang, Pasraman Widya Bhuana, Yoga Seruling Dewata Mandala Bontang, Asosiasi Yoga Indonesia dan peserta berjumlah 61 orang yang berasal dari berbagai latar belakang agama dan budaya. 

PHDI kota Bontang berharap Bontang Yoga Day menjadi agenda rutin yang dilaksanakan di kota Bontang sehingga visi misi untuk memasyarakatkan yoga dan mengajak warga untuk hidup sehat dapat tercapai. (*)

The 2nd Bontang Yoga Day, Memasyarakatkan Yoga untuk Hidup Sehat

Senin, 25/06/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.