Sabtu, 03/11/2018

Pertamina EP Sangasanga Field, Sumbangsih kepada Negara, Siapkan Calon Pemimpin Bangsa

Sabtu, 03/11/2018

Pjs Sangasanga Field Manager, Nugroho Susetyo memberikan wejangan kepada para peserta workshop Kompetensi Pendidik PAUD di Gedung training centre milik Pertamina EP Sangasanga Filed.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Pertamina EP Sangasanga Field, Sumbangsih kepada Negara, Siapkan Calon Pemimpin Bangsa

Sabtu, 03/11/2018

logo

Pjs Sangasanga Field Manager, Nugroho Susetyo memberikan wejangan kepada para peserta workshop Kompetensi Pendidik PAUD di Gedung training centre milik Pertamina EP Sangasanga Filed.

SAMARINDA - Jarum jam masih menunjukkan waktu 07.30 WITA, Rabu pekan lalu. Gedung training centre milik Pertamina EP Sangasanga Filed sudah ramai kedatangan tamu. Sebanyak 78 orang berkumpul di teras. Semangat terpancar dari wajah para wanita yang sebagian berusia paruh baya. Berdandan lengkap dengan kerudung, mereka siap mengikuti workshop Kompetensi Pendidik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) seharian penuh.

Mereka berkerumun berkelompok-kelompok di halaman gedung. Ada yang berbagi cerita saat bersua kawan lama, ada yang sekedar saling menyapa dan berbagi bahasa. Menghabiskan setengah jam waktu, sebelum para guru PAUD ini akan menjalani hari yang melelahkan. Ya, mereka akan menerima asupan materi peningkatan kapasitas sebagai pendidik PAUD di salah satu wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dari data peserta, 78 tenaga pengajar PAUD berasal dari lima sekolah Taman Kanak-kanak (TK) dan lima kelompok Bermain di Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara. Acara yang digelar Pertamina EP Sangasanga Field ini juga menghadirkan satu Sekolah TK dan satu Kelompok Bermain asal Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda.

Usut punya usut, acara workshop pendidik PAUD ini bukan kali pertama, sudah kali ke-tiga digelar. Ini sebagai bentuk komitmen Sangasanga Field turut serta meningkatkan kualitas pendidikan di sekitar wilayah operasi perusahaan. Menyiapkan penerus bangsa yang berkualitas dari Kecamatan Sangasanga melalui PAUD sudah menjadi bagian tanggungjawab perusahaan pelat merah.

“Workshop ini dapat menjadi penunjang kompetensi pendidik PAUD di kecamatan kami. Kami selaku instansi pendidikan mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah secara utuh memberikan perhatiannya di bidang pendidikan melalui acara workshop ini,” kata Kepala UPTD Layanan Kependidikan Kecamatan Sangasanga, Irianto, S.Pd.

Sebagai perusahaan yang berada di tengah-tengah masyarakat, EP Sangasanga tak bisa menutup mata bisa meningkatkan kehidupan mereka. Semua dikerjakan berkala. Tak pandang usia. Di sektor pendidikan, Sangasanga Field tak pernah lepas campur tangan. Mematangkan pendidik kepada cikal bakal pemimpin daerah juga bangsa menjadi target utamanya.

“Anak usia dini merupakan anak yang sedang memasuki golden age atau usia keemasan, tumbuh kembang anak perlu didukung dengan adanya pengembangan potensinya dengan tepat. Perlu ada upaya meningkatkan kompetensi tenaga pendidik anak usia dini, khususnya agar dapat mendeteksi secara dini tumbuh kembang anak,” kata Pjs. Sangasanga Field Manager Nugroho Susetyo dalam sambutannya membuka workshop.

Nugroho Susetyo sadar benar tumbuh pendidikan adalah pondasi utama bagi anak menuju masa depannya. Ibarat rumah, kokoh dan rapuhnya dinding tergantung pondasi yang menopang. Jika, pondasi rapuh, yakinlah bangunan akan runtuh. Berbeda jika rumah dibangun dengan pondasi yang kuat, bangunan akan terlihat kokoh dan nyaman sebagai tempat berlindung.

Beban dipundak perusahaan pelat merah ini tak ringan. Harus mampu bersinergi dengan pekerjaan utama, sebagai perusahaan minyak dan gas (migas). Berbekal semangat kerja demi memajukan Indonesia, semua pekerjaan berat dipikul bersama. Berjalan selaras, menyiapkan calon pemimpin bangsa dan tetap mengabdi kepada negara dengan sumbangsih berkontribusi pada pendapatan negara.

PT Pertamina EP merupakan anak perusahaan PT Pertamina dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas. Perusahaan ini mengerjakan Blok Sangasanga yang secara resmi mengambil alih kelola migas dari Medco E&P sejak tahun 2008.

Sejak resmi menerima tongkat operasi dari Pemerintah Indonesia, Sangasanga Field terus agresif melaksanakan pengeboran dan well intervention (workover, reparasi & stimulasi) di wilayah kerja perusahaan demi menunjang target produksi migas nasional.

Berdasarkan data, produksi minyak Sangasanga Field sampai dengan November 2018 mencapai 6.177 barel minyak per hari (BOPD - barrels oil per day). Sementara produksi gas mencapai 1,56 juta  kaki kubik per hari (MMSCFD-Million Standard Cubic Feet per Day). Minyak dan gas secara keseluruhan dihasilkan dari 134 sumur bor di wilayah Sangasanga, Anggana dan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Hasilnya tak mengecewakan. Kerja keras 149 karyawan yang seluruhnya WNI mampu mendapuk perusahaan ini bertengger diposisi nomor wahid di jaringan kerjanya. Sampai saat ini Pertamina EP Sangasanga Field masih sebagai backbone atau tulang punggung, produksi migas dari Pertamina EP Asset 5 yang beroperasi di Pertamina EP Sangata, Tanjung (Kabupaten Berau), Bunyu (Provinsi Kaltara), Tarakan (Provinsi Kaltara) dan Sangasanga Field. Sangasanga Field tercatat menyumbang sebesar 

50 persen dari total produksi di Asset 5.

"Semua sumur produksi kami onshore, di darat," kata Kiki Muhammad Rijkie, CSR Staf PT Pertamina Asset 5 Sangasanga Field.

Hasil produksi dari Blok Sangasanga sedikit banyak sudah menyumbang sebagai pendapatan negara. Data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) seperti dilansir kumparan.com, menyatakan realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) semester I 2018 menunjukkan, realisasi penerimaan sumber daya alam (SDA) migas mencapai Rp58,75 triliun atau 73,12 persen dari target APBN 2018. Realisasi tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 47,95 persen dibandingkan periode yang sama 2017. Bahkan, tingkat realisasi PNBP minyak bumi dalam menghasilkan keuangan negara sudah mencapai 98,60 persen dari target APBN Rp59,58 triliun.

Sektor migas bagi pendapatan negara masih menjadi salah satu yang diharapkan. Terlebih, kini PT Pertamina sudah mengambi alih nyaris seluruh produksi migas dari perusahaan luar negeri. Blo Mahakam saja, sebelumnya dioperasikan oleh TOTAL Indonesie, kini sudah berubah wujud. Indonesia melalui Pertamina Hulu Mahakam (PHM) mengambil alih seluruh operasinya. Begitu juga dengan operasi Blok Sangasanga.

Silir terdengar suara dari dalam gedung keluar lewat sela-sela daun jendela dan pintu. Seperti tak asing, suara itu terucap dari Ketua HIMPSI Jawa Tengah, DR Endang Widyorini saat memberikan materi tentang deteksi dini anak didik yang berkebutuhan khusus. Dia menyampaikan materi bagaimana mendeteksi dini anak didik yang memiliki kebutuhan khusus dengan melihat tingkah laku sehari-hari yang mungkin berbeda dengan anak didik lainnya. Endang berpesan kepada pendidik harus peka terhadap kondisi anak, sehingga anak berkebutuhan khusus mendapat pendidikan untuk mengembangkan potensinya dengan tepat.

Riuh tepuk tangan menyambut usai pidato penutupan dari Ketua Gugus PAUD Sangasanga, Maratus Sholichah mewakili peserta workshop. Dalam kesempatan itu dia mengucapkan terima kasih kepada Pertamina EP Sangasanga Field yang telah memfasilitasi workshop bagi pendidik PAUD. Maratus Sholichah berharap acara semacam ini dapat dilakukan rutin setiap tahunnya.

Pjs Sangasanga Field Manager, Nugroho Susetyo dan Kasi Pendidikan PAUD Sangasanga Nurhansyah, M.Pd yang hadir diacara penutupan hanya mengangguk merespon keinginan Maratus Sholichah. Tak ada yang paham maksud anggukannya. Tapi, yang pasti PT Pertamina EP Sangasanga Field sudah menjadwalkan kegiatan workshop untuk tenaga didik PAUD setiap tahun. (fir)

Pertamina EP Sangasanga Field, Sumbangsih kepada Negara, Siapkan Calon Pemimpin Bangsa

Sabtu, 03/11/2018

Pjs Sangasanga Field Manager, Nugroho Susetyo memberikan wejangan kepada para peserta workshop Kompetensi Pendidik PAUD di Gedung training centre milik Pertamina EP Sangasanga Filed.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.