Sabtu, 08/12/2018

Generasi Muda Yang Berkarakter

Sabtu, 08/12/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Generasi Muda Yang Berkarakter

Sabtu, 08/12/2018

logo

Oleh: MEITY LANDEMAYKE TORAR, S.TH*

Penulis Adalah Guru SMA Kristen Immanuel Samarinda


Generasi merupakan aset bangsa yang sangat berharga, karena maju mundurnya suatu bangsa sangat bergantung pada generasiyang memilikikarakter. Generasimuda sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki daya saing dan daya juang agar dapat melanjutkan pembangunan Indonesia diera globalisasi.  Generasimuda mempunyai peranan penting dalam menentukan masa depan bangsa. Oleh karena itu bidang pendidikan mempunyai peranan  penting dalam menciptakan generasi yang cerdas yang memilikikarakteragar mampu meningkatkan daya saing bangsa. Potensi  generasimudamerupakannilai yang tinggimakamemerlukaneksplorisasi yang tepatsehinggagenerasimudamampumemberikankontribusi yang cerdasdanberakhlakbagikemajuanbangsa.
Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menciptakan generasi yangberkarakter, ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal bersumber pada diri anak itu sendiri, kemauan dan kemampuan untuk mengembangkan dirinya. Sedangkan faktor eksternal adalah orang tua, sekolahan, dan juga lingkungan. Selain lembaga pendidikan yang bertugas untuk mencerdaskan bangsa, orang tua juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan generasi cerdas. Dengancaramemperlakukananakdengan membangun harga diri anak, supaya anak bisa menghargai dan menyayangi dirinya sendiri harus dimulai dari orang tua, karena anak-anak bisa menghargai dan mencintai dirinya jika orang tua berhasil meyakinkan mereka bahwa orang tuanya menghargai dan mencintai mereka. 
Di samping pendidikan, faktor lain yang juga berperan dalam membentuk generasi bangsa yang berkarakter adalah memiliki iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Rasa keimanan dan ketakwaan akan membentengi seseorang dari perbuatan-perbuatan tercela. Sebuah pepatah yang berbunyi ‘ilmu tanpa agama adalah buta’ rasanya memang benar adanya. Setinggi apa pun ilmu yang didapatkan tanpa diikuti kepatuhan terhadap perintah agama pasti akan binasa. Pemerintah Indonesia telah memasukkan materi pendidikan agama ke dalam Kurikulum pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, terbentuklah generasi yanagberkarakter yang cerdas, kreatif, berakhlak mulia, dan mengedepankan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan.  


Generasi Muda Yang Berkarakter

Sabtu, 08/12/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.