Sabtu, 08/12/2018

POTENSI KARST SANGKULIRANG DITINJAU DARI ASPEK EKONOMI

Sabtu, 08/12/2018

GAMBAR KARST SANGKULIRANG (Copyright: Djuna Ivereigh)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

0

POTENSI KARST SANGKULIRANG DITINJAU DARI ASPEK EKONOMI

Sabtu, 08/12/2018

logo

GAMBAR KARST SANGKULIRANG (Copyright: Djuna Ivereigh)


Kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat ini memiliki banyak sekali potensi dari berbagai aspek, dan salah satunya pada aspek ekonomi. Jika kita tinjau dari aspek ekonomi, Kawasan ini memiliki potensi alam yang sangat amat dapat meningkatkan nilai ekonomis. Salah satu faktanya ialah kawasan ini penghasil utama dan penyumbang terbesar sarang burung walet alam di Kalimantan Timur. Dari fakta yang didapat, goa-goa yang berada pada karst ini memiliki sarang burung walet yang dimana sarang burung walet tersebut cukup menjanjikan karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Mengapa sarang burung walet memiliki nilai ekonomis yang tinggi? Sarang walet tersebut terbuat dari hasil air liur burung walet sendiri dan memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi manusia, terutama bagi kesehatan.

Karst Sangkulirang Mangkalihat juga dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata dunia yang sangat bagus, karena kawasan ini menjadi suatu titik awal dimana munculnya manusia purba yang ada di Indonesia seperti ditemukannya lukisan tangan manusia purba yang tergambar jelas serta alat-alat yang terbuat dari batu. Fakta lainnya adanya keanekaragaman hayati yang sangat melimpah ruah. Salah satu spesies penting yang berada di kawasan ini yaitu orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus morio). Banyaknya jumlah wisatawan yang tertarik dan berkunjung akan dapat memberikan dampak ekonomi pada masyarakat sekitar dan juga pemerintah.

Seperti yang kita tau bahwa sekitar 105.000 penduduk telah menggantungkan hidupnya pada karst. Jadi menurut saya, Karst Sangkulirang Mangkalihat ini ibarat kata seperti harta karun yang berharga yang harus kita jaga bersama dengan cara tidak merusak karst.

Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.