Breaking News
Home >> Ekonomi kaltim >> Disperindagkop Awasi Koperasi Binaan
ASDIAN
ASDIAN

Disperindagkop Awasi Koperasi Binaan

TENGGARONG – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kutai Kartanegara (Kukar) terus memperhatikan kondisi koperasi yang berada di bawah naungannya.
Plt Sekretaris Disperindagkop Kukar, Asdian menjelaskan hingga kini ada 597 koperasi yang berada di bawah naungan Disperindagkop. Beberapa barang koperasi banyak dipajang di dalam kantor Disperindagkop dan bisa diperkenalkan nantinya di expo atau pameran yang sering dilaksanakan oleh pihak pemerintah kabupaten Kukar.
Menurut Asdian, menjadi koperasi yang berada di naungan Disperindagkop memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah bisa lebih mudah melakukan hubungan dengan pemerintah maupun pihak ketiga.
Pihak Disperidagkop Kukar sendiri mewajibkan bagi koperasi yang berada di bawah naungannya untuk melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk mengevaluasi kinerja anggota.
“Di dalam rapat anggota tahunan itu dibahas berbagai hal seperti laporan perkembangan anggota dan usaha dan keuntungan koperasi selama satu tahun,” ujarnya.
Pemerintah kabupaten melalui Disperindagkop juga pernah mengalirkan bantuan berupa modal dana maupun barang.
“Tergantung usaha koperasi tersebut. Jika usahanya simpan pinjam, maka kita beri modal kerja dengan catatan bahwa koperasi itu berjalan secara aktif dan sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan sebanyak dua kali,” tuturnya.
“Selain bantuan dana dan barang, Disperindagkop juga sering melakukan kegiatan pelatihan mengenai kepengurusan dan pengawas, usaha dan kelembagaan. Ini untuk menunjang kinerja koperasi itu sendiri,” ujar Asdian. (ted1116)