Home >> Politik >> DPRD Samarinda Negatif Narkoba

DPRD Samarinda Negatif Narkoba

SAMARINDA – Setelah mela-kukan tes urine terhadap 35 anggota DPRD Samarinda. Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim menyatakan siap untuk melakukan tes urine di sejumlah kantor instansi pemerin-tahan di Kaltim. Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Sufyan Syarif menegaskan lebih dulu akan melakukan koordinasi dengan Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak untuk melakukan tes urine di lingkungan kantor pemerin-tahan. “Saya akan koordinasi dengan pak Gubernur dan kepa-la-kepala instansi pemerintahan yang lain,” kata Sufyan usai bertemu dengan Kapolresta Samarinda Kombes Pol M Setyobudi Dwiputo, di Mapolres-ta Samarinda, Kamis (1/12).
Jenderal polisi berpangkat bintang satu itu menuturkan, tes urine terhadap pegawai pemerin-tahan merupakan hal yang bagus, sebagai wujud kebersamaan dalam memerangi narkoba. Sementara itu, dari hasil tes urine terhadap 35 anggota DPRD Samarinda pada Rabu (30/11) lalu, Sufyan memberikan apresiasi, karena semua negatif narkoba. “Semuanya negatif, selamat ya,” kata Sufyan.
Dari 45 anggota DPRD Sama-rinda, saat itu hanya 35 yang datang menjalani tes urine dan 10 orang tidak ikut tes urine. Terhadap 10 orang tersebut, Sufyan mengatakan, terus melakukan koordinasi dengan ketua DPRD Samarinda, Alphad Syarif untuk melakukan tes urine. “Masih ada 10 orang yang belum tes urine. Nanti kita tindak lanjuti, kita sudah koordinasi sama pak ketua (Alphad),” tandas Sufyan.
Ia mengatakan, dari penjelasan ketua DPRD Samarinda, 10 ang-gota DPRD yang tidak menghadiri tes urine tersebut dikarenakan memang berhala-ngan hadir. “Mereka berhalangan hadir karena saat rapat dewan pun juga tidak hadir. Nanti menyusul,” paparnya.
Diberitakan sebelumnya, se-jumlah petugas BNNP Kaltim mendadak mendatangi kantor DPRD Samarinda, Rabu (30/11). Mereka tiba di Jalan Basuki Rahmad, sekitar Pukul 10.00 Wita, untuk melakukan tes urine. Namun, karena bentuknya men-dadak, petugas BNNP harus menunggu hingga berjam-jam, karena hampir seluruh anggota dewan saat itu sedang melaksa-nakan rapat paripurna pengesa-han APBD 2017 di rumah Jabatan Walikota Samarinda.
Tes urine baru dimulai sekiar pukul 16.20 Wita, ketika sejumah DPRD sudah kembali dari rapat paripurna. Alphad menjadi orang pertama yang menjelani tes urine. “Tes urine ini sangat baik. Ada yang berfikir anggota DPRD pakai narkoba. Jadi, hari ini kita sangat antusias dan kami yakin semua anggota DPRD Samarinda ingin menunjukkan pada masyarakat kami tidak menggunakan narkoba,” kata Alphad. (dor)