Selasa, 16/10/2018

Ribuan Warga Kaltim Beradu Nasib jadi PNS

Selasa, 16/10/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Ribuan Warga Kaltim Beradu Nasib jadi PNS

Selasa, 16/10/2018

logo

SAMARINDA –  Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi ditutup, Senin (15/10) pukul 23.59 WIB.  Ribuan warga Kaltim beradu nasib menjadi abdi negara. 

Di Samarinda, ibu kota Kaltim, tercatat ada 4.131 pelamar yang memperebutkan 313 formasi yang dibutuhkan. 

Kabid Perencanaan dan Informasi Badan Kepegawaian Daerah Samarinda, Nurhikmah mengatakan dari tiga formasi yang dibuka, yakni tenaga pendidik, kesehatan, dan tenaga teknisi, formasi bidan paling diminati. Jumlah pelamarnya secara daring melalui laman scnn.go.id mencapai 1.016 orang. “Formasi yang disediakan padahal hanya 17 orang,” ujar Nurhikmah. 

Secara daring, tercatatat ada 4.378 orang yang mendaftar, namun BKD Samarinda hanya menerima 4.131 berkas. “Mungkin saja pelamar tersebut belum melengkapi berkas atau bisa jadi mereka terlambat mengantar berkasnya,” tutur Nurhikmah.

Sementara di Kabupaten Paser, tercatat ada 1.460 orang yang mendaftar untuk mengisi 177 formasi yang dibutuhkan. 

Kabid Pengadaan dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawian Pendidikan dan Pelatihan Paser, Khozinatul Asror menyebut jumlah pendaftar itu dipastikan bertambah karena pihaknya memberikan waktu hingga Rabu hari ini bagi peserta untuk menyerahkan berkas. “Secara online jumlah pendaftarnya mencapai 1.753 orang,” terang Khozinatul Asror. 

Panjangnya waktu penyerahan berkas ini dikarenakan sebagian pendaftar CPNS di Paser berasal dari luar daerah. “Sementara mengenai tempat tes akan dilakukan di Paser, tidak jadi di Samarinda,” kata Khozinatul Asror. 

Di Kutai Timur, tercatat ada 3.884 pelamar yang mendaftar untuk memperebutkan 243 formasi yang dibutuhkan. 

Hingga kemarin, proses verifikasi berkas terus dilakukan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan setempat. “Proses ini terus berjalan hingga esok (hari ini, Red),” kata  Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kutim, Zainudin Aspan. 

Proses seleksi di Kutai Timur melibatkan Badan Kepegawaian Negara, kepolisian, Satpol PP, Dinas Pendidikan. “Ini merupakan langkah utama dan strategis. Selain itu juga saya ingin ada transparasi supaya hasilnya maksimal,”  tandasnya.

Bupati Kutai Timur,  Ismunandar mengatakan seluruh elemen bisa memantau jalannya tes CPNS. Sebab,  di luar area tes akan dipasang layar yang menampilkan proses tes yang diikuti pelamar.  “Pemkab dan BKN sudah siap, tinggal tunggu pelaksanaan saja,” paparnya.  Sekitar 10 persen dari total pelamar di Kutai Timur merupakan warga dari luar daerah. 

Sedangkan di Balikpapan,  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  setempat mencacat ada 4.945 pelamar yang datanya telah masuk di laman scnn.go.id.  Sebanyak 2.517 pelamar telah menyerahkan berkas. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Balikpapan, Robi Ruswanto mengatakan Balikpapan mendapat 189 formasi CPNS dan terbanyak adalah guru yakni 129 orang.

“Kemudian disusul khusus K2 untuk guru empat orang, tenaga kesehatan 28 orang dan tenaga teknis 28 orang,” urainya.

Pelaksanaan tes dimulai 21 sampai 25 Oktober mendatang di STMIK Balikpapan. 

Secara nasional, total ada  3.627.797 pelamar yang mendaftar secara daring. Secara rinci formasi umum diisi 3.587.967 pelamar, sedangkan formasi penyandang disabilitas 1.640 pelamar. Selanjutnya, formasi putra/putri Papua diminati 3.440 pelamar, sementara formasi lulusan terbaik (cum laude) ada 25.966 orang.

Formasi diaspora diminati 19 pelamar, sedangkan formasi eks tenaga honorer kategori II dilamar 8.765 orang.  (sn318/ dc1217/yul/hn/cnn)


Ribuan Warga Kaltim Beradu Nasib jadi PNS

Selasa, 16/10/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.