Share?

Meningkat, Pertumbuhan Ekonomi Kaltim


korankaltim
korankaltim
    2018-02-09 06:44:32.000000
img

Ilustrasi/sindonews

SAMARINDA -  Sebagai instansi yang bertugas mengawasi perkembangan kegiatan jasa dan keungan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim setiap tahunnya menggelar evaluasi dari hasil perkembangan industri keuangan dari setiap daerah. 

“Saat ini pertumbuhan tertinggi berada di Kota Balikpapan,” kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim, Dwi Ariyanto, Kamis (8/2).

Ia mengakui secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi regional Kaltim semakin meningkat setiap tahunnya.

Hal ini diakuinya dengan menggeliatnya harga komoditas utama di Kaltim.

“Bahkan pada momen hari liburan sekolah dan peringatan hari besar juga turut membantu menggerakkan kinerja lapangan usaha penyediaan akomodasi, makanan dan minuman, transportasi dan pergudangan serta informasi dan komunikasi,” urainya.

Hal ini berdasarkan dari dari Badan Pusat Statistika (BPS) Kaltim dinyatakan pertumbuhan ekonomi Kaltim mencapai 3,13 persen.

“Pengaruhnya bisa juga dari kinerja sebagian besar lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan positif,” jelasnya.

Ia pun menyebutkan capaian dari hasil penyediaan akomodasi  dan makanan minuman tumbuh sebesar 9,17 persen. Lalu, usaha pengadaan air tumbuh juga tumbuh hingga 9,05 persen.

“Sedangkan pertumbuhan dari sektor lainnya yang juga meningkat, yaitu lapangan usaha informasi dan komunikasi tumbuh 8,73 persen. Namun hingga saat ini pertumbuhan ekonomi di Kaltim masih ditopang dari sektor usaha pertambangan dan penggalian hingga 46,31 persen,” tutur Dwi.

Tak hanya itu, ia juga mengevaluasi hasil pertumbuhan dari perbankan salah satunya dari kondisi kinerja BPR Kaltim dan Kaltara.

“Memang ada peningkatan dari sisi aset sebesar 2,92 persen namun dari sisi kredit dan dana pihak ketiga mengalami penurunan masing-masing minus 8,48 persen dan minus 3,01 persen,” tutupnya. (ms) 


berita TERKAIT


baca LAINNYA

Korankaltim.com - Cerdas Bersama Rakyat