Senin, 05/11/2018

Bingung Mau Memulai Bisnis ? Anak Kos Wajib Baca nih ...

Senin, 05/11/2018

Daur ulang kaos bekas. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Bingung Mau Memulai Bisnis ? Anak Kos Wajib Baca nih ...

Senin, 05/11/2018

logo

Daur ulang kaos bekas. ©2014 merdeka.com/arie basuki

PELUANG bisnis bisa datang dari mana saja tergantung bagaimana seseorang jeli memanfaatkan peluang. Bagi anak kos yang mungkin jauh dari orang tua dan tidak mendapat "transferan" memadai setiap bulannya, anda bisa mencoba berbisnis kecil-kecilan. Tentunya dengan modal yang anda miliki saat ini.

Sebelum mencoba, anda tidak perlu takut gagal atau tidak berhasil. Pertama, anda harus membulatkan tekat bisnis ini anda lakukan karena keinginan sendiri. Kedua, anda jangan langsung memikirkan keuntungan besar dari bisnis ini. Sebab yang penting adalah anda mencoba dulu dengan modal seadanya.

Bagi anda yang baru pertama kali berbisnis, jangan ragu untuk memperbanyak pengetahuan dengan bertanya kepada orang yang telah ahli lebih dulu. Selain itu untuk memperkaya pengetahuan, tidak ada salahnya membaca lebih banyak buku dan pencarian informasi melalui internet.

Langkah selanjutnya adalah tentukan bisnis apa yang akan anda geluti. Kemudian, siapkan apa saja yang anda perlukan untuk melakukan bisnis tersebut. Jangan lupa, catat semua biaya yang anda keluarkan. Langkah ini untuk melakukan kalkulasi di kemudian hari.

Setelah melakukan langkah langkah tersebut, anda perlu menentukan pasar bisnis anda. Intinya, setelah bisnis ini berjalan anda sudah punya target pasar dan di mana produk anda laku terjual. Terakhir, anda harus memastikan bisnis ini tidak mengganggu aktivitas utama anda seperti kuliah.

Lalu apa saja bisnis yang layak dicoba oleh anak kos? Berikut ini merdeka.com merangkum 5 bisnis yang layak dicoba seperti dikutip dari Cermati.

1. Membuat kotak rokok berbagai motif

Ide ini bukan berarti mendukung program merokok yang merusak kesehatan, namun sebatas pilihan ide kreatif yang bisa saja menjadi usaha yang menghasilkan. Jumlah perokok di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya walau sudah sering dapat peringatan merokok berbahaya bagi kesehatan. Bagi yang kreatif, hal ini bisa dijadikan peluang bisnis kreatif dengan menjual kotak rokok yang unik dengan motif-motif yang unik, seperti motif batik, gambar otomotif, gambar pemainsepakbola atau seperti gambar aslinya.

2. Flip cover HP dan tablet

Smartphone dan tablet saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dari sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan sampai anak-anak pun sudah terbiasa menggunakan tablet, sehingga pengguna tablet semakin meningkat tiap tahunnya. Perubahan gaya hidup ini membuka peluang usaha yang kreatif dengan menjual Flip Cover Tablet. Saat ini telah banyak dijual Flip cover tablet, namun Anda bisa menawarkan dengan motif yang unik berupa flip cover batik. Prospek usaha jualan flip cover batik ini cukup menggiurkan karena jarang sekali orang yang menjual flip cover batik. Sesuaikan model batik flip cover yang banyak disukai orang.

3. Daur ulang

Belakangan banyak himbauan untuk ikut serta dalam usaha ramah lingkungan melalui Kampanye Go Green yang dicanangkan oleh berbagai organisasi dan instansi terkait. Anda bisa mengambil peluang ini menjadi sebuah usaha nyata misalnya dengan membuka usaha pembuatan kresek daur ulang, atau kerajinan dari bubur kertas. Keuntungan yang didapat adalah Anda akan terbantu dari sisi promosi dengan adanya kampanye tersebut yang menganjurkan pemakaian barang bekas sebagai bahan utama membuat produk.

4. Koleksi barang antik

Jaman yang kian maju ternyata masih menyisakan ceruk bisnis yang belum banyak diketahui orang. Coba lihat saja beberapa kafe modern saat ini yang menyajikan desain barang antik dan nuansa kuno zaman dahulu kala. Bagi Anda pecinta barang antik, coba saja mengadu peruntungan dari penjualan barang tersebut? Barang antik seperti meja tua, lampu lampu, atau gelas adalah barang yang diminati oleh pembeli dengan harga jual yang cukup tinggi.

5. Bisnis kuliner sederhana

Bisnis kuliner seolah tiada hentinya untuk terus tumbuh. Hampir tiap bulan selalu saja ada usaha baru dan usaha kuliner lama yang tutup karena tidak laku. Memang dibutuhkan ide kreatif dalam memasarkan usaha kuliner. Biar kreatif, kombinasikan usaha kuliner Anda dengan makanan yang memang sudah populer dengan ide kreatif. Misalnya bakso, membuat bakso dengan cita rasa unik, seperti isi keju, atau bakso bentuk kotak. Varian makanan inilah yang membuat usaha kuliner berjalan sukses. (mdk)

 

Bingung Mau Memulai Bisnis ? Anak Kos Wajib Baca nih ...

Senin, 05/11/2018

Daur ulang kaos bekas. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.