Rabu, 22/01/2020

Beras Asal Kukar Jadi Penopang Kaltim

Rabu, 22/01/2020

Kepala Distanak Kukar, Sutikno

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Beras Asal Kukar Jadi Penopang Kaltim

Rabu, 22/01/2020

logo

Kepala Distanak Kukar, Sutikno

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) menyebut, Kukar penyumbang terbesar kebutuhan beras Kaltim sebesar 45 persen. 

Kepala Distanak Kukar Sutikno didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Sugiono menyampaikan seluas 35 ribu hektare lahan sawah dimiliki Kukar. Luasan ini sudah dipetakan dan tersebar di 18 Kecamatan.

“Lahan fungsional kita itu ada sebesar 22 ribu hektare plus sekian, hitungan pastinya saya kurang hafal. Namun jika di rata-rata dihitung dua kali panen maka diambil rata-rata kita itu memproduksi 35 hektare dengan rata-rata per hektare memproduksi 5 ton,” katanya kepada Koran Kaltim kemarin.

Menurut Sutikno, luasan lahan fungsional ini setiap tahunnya mengalami penurunan sedikit demi sedikit akibat alih fungsi lahan. 

Sutikno mengatakan,target Kukar dalam satu tahunnya bisa melakukan panen sebanyak tiga kali. Ini jika didukung cuaca yang baik serta sistem irigasi yang terintegrasi.

Untuk diketahui, total jumlah produksi pada tahun 2018-2019 lalu mengalami penurunan, hal ini disebabkan murni pada faktor cuaca yang tidak menentu. “Tahun 2014-2017 itu stabil produksi padi kita di angka 5,1 ton, dan tahun lalu menurun jadi 4,7 ton per hektare. Kukar selalu menyumbang 45 persen beras se-Kaltim. Hanya tahun kemarin saja kita sedikit menurun yakni sebesar 43 persen,” pungkas Sutikno. 


Penulis: */Heriansyah

Editor: M. Huldi

Beras Asal Kukar Jadi Penopang Kaltim

Rabu, 22/01/2020

Kepala Distanak Kukar, Sutikno

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.