Senin, 27/04/2020

Paket Karantina Mandiri, Terobosan Hotel Berbintang di Samarinda

Senin, 27/04/2020

Ilustrasi Hotel berbintang( Foto: Istimewa/bisniswisata )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Paket Karantina Mandiri, Terobosan Hotel Berbintang di Samarinda

Senin, 27/04/2020

logo

Ilustrasi Hotel berbintang( Foto: Istimewa/bisniswisata )

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – Sejumlah hotel berbintang di Samarinda menawarkan terobosan baru untuk bisa menggali sumber pendapatan di saat sepinya bisnis perhotelan imbas Covid-19.

Manajemen hotel ada yang menawarkan sewa kamar untuk karantina mandiri bagi warga yang memiliki gejala terpapar Covid-19, hingga menjual makanan dengan sistem pesan antar.

Hal ini diakui Sekretaris Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kaltim, Zulkifli Ahad (26/4/2020) kemarin. Menurut Zul, saapaan akrab Zulkifli, tawaran yang diberikan oleh pihak hotel ini juga salah satunya bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam ‘memerangi’ Covid-19.

Dikatakan Zul, dengan adanya promo penawaran paket sewa kamar untuk karantina mandiri dan makanan pesan antar ini, maka secara tidak langsung juga ikut memberdayakan karyawan hotel sekaligus menghidupkan kembali bisnis hotel meski tak seramai sebelum masuknya pandemi Covid-19 ke Kaltim.

“Memang ada beberapa hotel yang menawarkan paket karantina mandiri ini, dan kebanyakan yang menawarkan paket ini adalah hotel-hotel berbintang yang memang punya banyak fasilitas penunjang, misalnya ruangan kamarnya nyaman, dan pemandangannya bagus, intinya supaya pasien ini tidak jenuh kan. Mungkin saja ada yang berpikir, daripada karantina di rumah, mending di hotel,” kata Zul.

Pihak hotel pun  berusaha membuat paket semenarik mungkin, sehingga konsumen tertarik dan betah berada di hotel. Meski jumlah hotel berbintang di Samarinda jumlahnya tak kurang dari 11 hotel, namun tak semua hotel tersebut menawarkan paket karantina mandiri.  “Setahu saya yang menawarkan paket karantina mandiri ini baru SwisBel Hotel Borneo sama Hotel Bumi Senyiur,” terangnya. 

Selain itu, sejumlah hotel jelasnya juga menawarkan paket makanan pesan antar dengan harga hemat. Tawaran makanan pesan antar ini jelasnya mendapat respon yang cukup positif di masyarakat, bahkan tak sedikit para karyawan dan pekerja kantoran yang melakukan pemesanan.

“Kebanyakan yang pesan makanan ini karyawan bank, dan mal yang memang masih buka. Daripada susah-susah cari makan, mendingan telepon pihak hotel untuk pesan makanan, nanti makanannya langsung diantarkan,” tambah Zul.

Terpisah, Publik Relation Executive SwisBelHotel Borneo, Natalia Sutomo mengakui pihaknya menawarkan paket karantina mandiri bagi warga terpapar Covid-19. Harga yang ditawarkan pun cukup variatif mulai paket menginap satu malam hingga 14 malam. 

Untuk paket menginap satu malam, konsumen dikenakan tarif Rp618 ribu, paket tiga malam Rp583 ribu per malam, paket tujuh malam Rp558 ribu per malam dan paket 14 malam dikenakan biaya sewa Rp538 ribu per malam. “Paket tersebut untuk menginap di kamar superior, dan sudah termasuk makan sahur atau sarapan pagi yang diantar ke kamar,” jelasnya. (*)


Penulis: */Maruly

Editor: Aspian Nur

*Berita/artikel ini sudah terbit di Koran Kaltim edisi cetak tanggal 27 April 2020 

Paket Karantina Mandiri, Terobosan Hotel Berbintang di Samarinda

Senin, 27/04/2020

Ilustrasi Hotel berbintang( Foto: Istimewa/bisniswisata )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.