Selasa, 12/05/2020

Tak Ada Layanan Penukaran Uang dari Bank Indonesia

Selasa, 12/05/2020

Ilustrasi ( Foto: Ist/net)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tak Ada Layanan Penukaran Uang dari Bank Indonesia

Selasa, 12/05/2020

logo

Ilustrasi ( Foto: Ist/net)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI)  Kalimantan Timur tidak melayani penukaran pecahan uang kecil menjelang Idul Fitri 1441 H karena berfokus kepada upaya mitigasi penyebaran Covid-19. 

Penukaran uang melalui kas atau mobil keliling BI yang biasa melayani di Pasar Pagi dan Pasar Segiri harus dihentikan sementara. “Kami mengikuti arahan dari kantor pusat BI untuk mengutamakan langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 sehingga penukaran uang yang biasa dilakukan melalui kas/mobil keliling harus dihentikan sejenak karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan massa,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Kaltim, Tutuk SH Cahyono, Senin (11/5/2020) kemarin.

Namun masyarakat yang masih ingin melakukan penukaran uang pecahan kecil karena sudah menjadi tradisi saban Idulfitri dapat mengunjungi kantor-kantor perbankan setempat.  “Sebenarnya kebijakan penukaran uang melalui perbankan ini sudah lama dicetuskan supaya bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi. BI di Samarinda ini kan hanya ada  sa tu kantornya, sedangkan perbankan yang selalu siap sedia melayani masyarakat sudah tersebar hingga 37 titik baik bank umum pemerintah, maupun swasta. Dengan catatan, bank tersebut tetap menerapkan protokol penanganan kesehatan,” tukasnya.

Tutuk menerangkan pelayanan penukaran uang pecahan kecil tersebut dapat dilakukan di bank-bank terdekat. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa bank tersebut menempelkan pemberitahuan menyediakan layanan penukaran uang atau tidak.

Selain itu, dia menambahkan, nominal uang yang hendak ditukarkan juga bebas sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Ia menjamin perbankan akan menyediakan kebutuhan nominal uang yang ditukarkan 100 persen, tanpa ada pengurangan maupun penambahan. (*)


Penulis: */Maruly

Editor: Aspian Nur

* Berita/artikel ini sudah terbit di Koran Kaltim edisi cetak tanggal 12 Mei  2020 

Tak Ada Layanan Penukaran Uang dari Bank Indonesia

Selasa, 12/05/2020

Ilustrasi ( Foto: Ist/net)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.