Jumat, 11/05/2018

Hindari Stress, Seimbangkan Kehidupan

Jumat, 11/05/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Hindari Stress, Seimbangkan Kehidupan

Jumat, 11/05/2018

logo

KONFLIK dalam pikiran untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan terkadang menjadi tantangan tersendiri. Hal itu bahkan bisa mempengaruhi kesehatan lebih parah dari yang kita pikirkan.

Adanya ketidakseimbangan kadang menuntun kita pada kerugian fisik dan mental. Namun, kepuasan yang dicapai ketika kita berhasil membuatnya seimbang akan menurunkan stres dan depresi. Dilansir dari Indiatimes ada beberapa cara mudah untuk memberikan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Yang pertama adalah meninggalkan pekerjaan. Ketika berlibur, tinggalkan pekerjaan sejauh mungkin. Tidak perlu memberikan dedikasi atau membawa pulang stres ke rumah. Jika tidak mampu menyelesaikan pekerjaan di kantor, selesaikan hari berikutnya. Tangguhkan beberapa surel dan tundalah panggilan kerja yang hanya membuat Anda memikirkan pekerjaan.

Yang kedua yaitu menghabiskan hari libur bersama keluarga. Manfaatkan waktu bersama keluarga ketika masa liburan. Jangan hanya habiskan waktu bersama di dalam rumah tapi keluarlah. Beraktifitas di luar rumah akan mengurangi tingkat stres. Selain itu, ini akan membantu Anda bersantai, mengurangi tekanan, beraktivitas fisik dengan baik, dan mengurangi tingkat stres dalam pikiran.

Yang ketiga adalah berolahraga. Jika tidak memiliki waktu berolahraga, cobalah cari waktu untuk melakukannya atau untuk menikmati hobi. Berolahraga yang menuntut fisik ke tingkat tertentu akan melepaskan hormon bahagia endorfin ke dalam sistem. Ini membantu memberi Anda perasaan positif serta energi lebih.

Keempat adalah liburan bersama keluarga, teman atau rekan kerja. Liburan memberikan efek positif bagi kesehatan. Otak dan tubuh akan “terisi” kembali setelah lelah di waktu kerja. Yang kelima  yaitu jangan membiarkan beban kerja membuat anda seperti tidak waras. 

Beberapa studi mengatakan, multitasking hanya membuat kerja jadi tidak produktif. Jumlah beban kerja yang tinggi tidak hanya mempe­ngaruhi produktivitas, namun juga dalam kehdiupan pribadi.

Bicarakan pada bos untuk mendapatkan pekerjaan yang membuat Anda lebih produktif dan penuh tekanan. “Anda tidak akan pernah merasa puas dengan pekerjaan sampai benar-benar puas dalam kehidupan. Seseorang harus menjaga keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi,” kata Dr. Manish Jain, konsultan dan juga psikiatri.

Sehingga, penting untuk mengatur waktu dan memastikan bahwa Anda cukup untuk relaksasi dan santai di samping bekerja. Selain itu, Jain menambahkan, jangan lupa untuk makan bergizi, olahraga teratur, dan cukup tidur. (sdc)

Hindari Stress, Seimbangkan Kehidupan

Jumat, 11/05/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.