Jumat, 18/05/2018

Salah Makan Sahur, Ngantuk

Jumat, 18/05/2018

ist/net

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Salah Makan Sahur, Ngantuk

Jumat, 18/05/2018

logo

ist/net

SELAIN sengaja melewatkan sahur, kebiasaan makan yang harus dihindari selama puasa Ramadan adalah menjauhkan diri dari makanan tinggi gula, gorengan dan kafein berlebihan.

Merasa belum sanggup menjauhi semua makanan itu, setidaknya agak dikurangi takarannya. Pilih porsi yang sangat kecil guna memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang sehat.

Rashi Chowdhary, Ahli Nutrisi dari Amerika, mengatakan, terlalu mengandalkan makanan maupun minuman tinggi gula saat sahur dan berbuka hanya membuat tubuh lemas. Rasa kantuk lebih mudah menyerang.

“Terlalu mengandalkan makanan dan minuman manis saat sahur menyebabkan kada gula dalam darah turun sangat cepat. Yang membuat rasa lapar muncul lebih cepat. Bawaan ingin menyantap yang manis-manis saat puasa sulit dibendung,” kata Rashi dikutip dari situs The National AE  Jumat (18/5) kemarin.

Untuk menghindari konsumsi minuman manis berlebihan saat buka puasa, Rashi menyarankan agar beralih ke kurma dan buah-buahan seperti apel, pir, dan jenis yang lain asal rendah gula.

Kemudian, usahakan memasukkan lemak baik ke dalam menu sahur selama puasa Ramadan. “Memasukkan satu sampai dua jenis lemak baik saat sahur akan sangat membantu tubuh mencapai tingkat kadar gula yang stabil,” katanya.

Dan jangan lupakan pula sumber protein seperti ayam, ikan, udang, daging sapi. Minum kafein ada baiknya agak dikurangi. Ganti dengan memperbanyak minum air putih guna mencegah dehidrasi. (lic)

Salah Makan Sahur, Ngantuk

Jumat, 18/05/2018

ist/net

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.