Rabu, 23/05/2018

Mendengkur Bisa Bikin Stroke

Rabu, 23/05/2018

ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Mendengkur Bisa Bikin Stroke

Rabu, 23/05/2018

logo

ilustrasi

MENDENGKUR ternyata dapat menjadi gejala awal dari penyakit yang lebih serius, salah satunya stroke. Bagaimana seseorang dapat mendengkur dan apa hubungannya dengan penyakit stroke?

Mendengkur atau yang biasa juga disebut ngorok, terjadi ketika terdapat proses bergetarnya saluran napas, dan menghasilkan suara. Kondisi ini terjadi akibat sumbatan gerakan udara yang terjadi saat seorang tertidur.

Sumbatan ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya menutupnya rongga pernafasan oleh pangkal lidah pasien saat tertidur. Apa pun mekanismenya, mengorok akan menyebabkan penurunan aliran udara ke saluran pernapasan dan menyebabkan kondisi kekurangan oksigen.

Anda mungkin memandang mendengkur sebagai kebiasaan yang menjengkelkan karena suaranya. Namun, jika seorang yang mendengkur mengalami periode henti napas berulang, maka hal ini patut diwaspadai.

Mendengkur ternyata menyimpan berbagai efek buruk untuk kesehatan. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah hubungan antara stroke dengan mendengkur. Berdasarkan beberapa penelitian yang ada, ternyata terdapat hubungan antara mendengkur dengan penyakit jantung dan stroke.

Mendengkur dapat menjadi tanda sleep apnea, kondisi yang ditandai dengan terhentinya pernapasan selama waktu tertentu dalam tidurnya. Sleep apnea berhubungan dengan berbagai penyakit seperti stroke dan sakit jantung. Pada keadaan ini, seorang dapat mengalami  henti nafas berulang.

Henti napas yang terjadi secara berulang ini dapat menyebabkan keadaan kekurangan oksigen dan akhirnya meningkatkan risiko berbagai penyakit salah satunya stroke.Meningkatnya risiko berbagai penyakit pada seorang yang mendengkur terjadi akibat adanya gangguan pada aliran darah ke otak, peningkatkan katekolamin, dan aritmia jantung. (lic)

Mendengkur Bisa Bikin Stroke

Rabu, 23/05/2018

ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.