Kamis, 31/05/2018

6 Manfaat Menulis Setiap Hari untuk Kesehatan

Kamis, 31/05/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

6 Manfaat Menulis Setiap Hari untuk Kesehatan

Kamis, 31/05/2018

logo

KAPAN terakhir kali Anda menulis sesuatu? Menulis apapun di atas kertas, dan bukan menulis email atau laporan di komputer atau smartphone, akan memberikan manfaat tertentu bagi kesehatan, terutama kesehatan mental Anda. 

Jika Anda sudah lama tidak melakukannya, Anda mungkin harus melakukan praktik menulis terlebih dahulu, entah dengan cara menulis tulisan ekspresif (alias curhat) seperti yang Anda lakukan pada buku harian, atau dengan menulis jurnal rasa syukur. Dengan mengadopsi kebiasaan menulis setiap hari, Anda dapat merasakan kepuasan tertentu dan bahkan mungkin Anda akan terbantu untuk membawa perubahan besar dalam hidup Anda. Inilah manfaat-manfaat menulis setiap hari untuk kesehatan.

1. Membantu memulihkan emosi

Mengekspresikan emosi melalui kata-kata dapat mempercepat penyembuhan. Menulis pikiran dan perasaan Anda setelah peristiwa traumatis benar-benar dapat membuat luka fisik lebih cepat sembuh, menurut sebuah studi oleh peneliti di Selandia Baru. Dalam studi ini, peserta yang pernah mengalami pengambilan biopsi kulit ditugaskan untuk menulis sebuah catatan mengenai pikiran terdalam tentang apapun selain perasaan atau keyakinan mereka. Kemudian, setelah dua minggu, para peneliti mengamati kemajuan bekas luka yang ada di tubuh mereka. Dan hasilnya adalah, mereka yang menulis tulisan ekspresif mengalami pemulihan lebih cepat daripada mereka yang dilarang menulis tentang perasaan mereka.

2. Mengubah cara berpikir pasien terhadap penyakitnya

Sebuah studi tahun 2008 dalam jurnal The Oncologist menunjukkan bahwa tulisan ekspresif dapat membantu pasien kanker dengan mengubah cara pikir, sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka. Selain itu, ternyata pada temuan awal studi, sebuah latihan menulis selama 20 menit sudah dapat menyebabkan perubahan cara berpikir beberapa pasien mengenai penyakit mereka.

3. Membuat waktu Anda lebih terorganisir

Ketika Anda mengenal rasa cinta dan berkeinginan untuk menulis, Anda akan berusaha untuk menempatkan jadwal menulis di sela hari-hari Anda dengan lebih terstruktur. Penulis yang paling sukses akan membuat jadwal untuk menulis dan benar-benar meletakkannya di kalender. Melakukan hal itu akan membantu Anda mempertahankan jadwal keseharian, tidak hanya pada aktivitas menulis, namun Anda juga akan terorganisir dan efisien dalam bidang lain di kehidupan Anda.

4. Membantu untuk tertidur

Menghabiskan waktu 15 menit di malam hari, hanya untuk menuliskan apa yang Anda syukuri dapat membuat keajaiban terhadap tidur Anda, menurut sebuah studi “Applied Psychology: Health and well-being”. Para peneliti menemukan bahwa peserta studi yang menuliskan hal-hal yang mereka syukuri sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang baik dan lebih panjang, lapor Psychology Today.

5. Membuat Anda berbicara lebih lancar

Sebagian besar hal ini disebabkan oleh peningkatan kosakata dan pengasahan bahasa yang konstan, termasuk editing, yang membuat Anda semakin memahami dasar tata bahasa yang benar. Terlebih lagi, upaya Anda untuk menemukan kalimat alternatif pada ide-ide sederhana tidak akan mati ketika berpaling dari tulisan Anda ke dunia nyata. Pada akhirnya, Anda akan lebih percaya diri saat berbicara, dan Anda akan mewarnai kata-kata Anda dengan pilihan kata yang halus dan positif, sehingga dapat berpengaruh dalam percakapan.

6. Membuat pikiran dan tubuh lebih sehat

Menurut sebuah artikel tahun 2005 di jurnal Advance in Psychiatric Treatment, manfaat menulis tulisan ekspresif tidak hanya dialami dalam jangka pendek, namun juga dalam jangka panjang. Menulis ekspresif telah dikaitkan dengan peningkatan suasana hati, kesejahteraan, tingkat stres dan gejala depresi, serta manfaat fisik seperti penurunan tekanan darah, dan juga peningkatan fungsi paru-paru dan hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menulis tulisan ekspresif dapat membantu orang dengan gangguan stres pascatrauma. (hsc)

6 Manfaat Menulis Setiap Hari untuk Kesehatan

Kamis, 31/05/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.