Rabu, 20/06/2018

Begadang Bikin Mudah Terkena Virus

Rabu, 20/06/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Begadang Bikin Mudah Terkena Virus

Rabu, 20/06/2018

logo

PIALA DUNIA 2018  sudah dimulai sejak 14 Juni lalu. Para penggemar sepak bola tentu telah siap siaga untuk menyaksikan tim kesayangan mereka berlaga. 

Namun, jam tayang Piala Dunia yang berlangsung di Rusia ini dimulai sejak pukul 21.00 malam dan bisa selesai hingga sekitar pukul 03.00 dini hari. Mau tak mau, Anda pun jadi bergadang setiap malam hingga sebulan lamanya. Padahal, kebiasaan begadang dapat berdampak buruk bagi tubuh dan bikin Anda gampang sakit.

Kebanyakan orang mengorbankan waktu istirahatnya saat Piala Dunia berlangsung. Padahal, terpotongnya waktu istirahat di malam hari bisa menimbulkan berbagai keluhan, seperti badan lemas, letih, gangguan suasana hati, penurunan performa dan fokus saat bekerja, serta perubahan siklus tidur yang bisa memberikan efek stres.

Bergadang jelas membuat tubuh Anda gampang sakit karena kondisi tersebut memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki tidur yang berkualitas atau tidur yang cukup lebih mungkin untuk sakit setelah terpapar virus, seperti virus influenza contohnya.

Selain itu, kurang tidur juga dapat memengaruhi seberapa cepat Anda kembali sehat atau pulih jika Anda sakit. Pada saat tidur, sebetulnya sistem kekebalan tubuh Anda melepaskan protein yang disebut sitokin. Beberapa di antaranya membantu Anda untuk tidur.

Sitokin tertentu dapat meningkat ketika Anda memiliki infeksi atau peradangan, atau ketika Anda sedang stres. Nah, bergadang dapat menurunkan produksi sitokin tersebut. Selain itu, antibodi dan sel-sel yang berfungsi untuk melawan infeksi juga menjadi lebih tidak aktif selama periode ketika Anda tidak memiliki waktu untuk tidur yang cukup.

Ada beberapa hal yang bisa membuat badan tetap sehat selama begadang diantaranya tidur sebelum begadang, , hindari camilan asin, batasi konsumsi kafein,hindari softdrink dan lemak tinggi, perbanyak minum air putih dan bisa mengatur emosi. (sdc)


Begadang Bikin Mudah Terkena Virus

Rabu, 20/06/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.