Jumat, 29/06/2018

Minum Kopi Lindungi Sel Jantung

Jumat, 29/06/2018

instagram.com

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Minum Kopi Lindungi Sel Jantung

Jumat, 29/06/2018

logo

instagram.com

TAK cuma nikmat, kopi juga bermanfaat. Tak jarang kalau kebiasaan minum kopi mengajar di berbagai budaya, termasuk di Indonesia. Melihat berbagai kebaikannya, konsumsi kopi setiap hari memang tidak ada salahnya. 

Namun untuk mendapatkan segudang manfaat yang ditawarkan, kopi tetap harus dikonsumsi dalam batas wajar. Sebab minuman jenis ini mengandung kafein, yang bila masuk ke tubuh dalam jumlah banyak dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan. 

Dilansir dari Newsweek, mengutip Klikdokter, sebuah penelitian menyebut bahwa minum empat cangkir kopi dalam sehari dapat memicu proses positif yang mampu melindungi sel-sel jantung. Para peneliti yang menyelidiki hubungan antara kopi dan kesehatan jantung menemukan fakta bahwa kafein dapat membantu protein p27 untuk mengatur kekuatan sel-sel bernama mitokondria. Protein tersebut mengikat bagian spesifik dari DNA dan memainkan peran dalam bagaimana gen diekspresikan.

Dari situ, dapat dilihat bahwa empat cangkir kopi dalam sehari sudah cukup untuk membantu melindungi terjadinya kematian sel dan meningkatkan proses yang membantu organ untuk pulih setelah serangan jantung.

Penelitian tersebut telah melibatkan berbagai macam objek, seperti tikus, orang prediabetes, dan obesitas. Peneliti mengaku bahwa studi epidemiologi itu sudah melibatkan sekitar 400.000 partisipan. “Hasil studi harus mengarah pada strategi yang lebih baik untuk melindungi otot jantung dari kerusakan, termasuk pertimbangan konsumsi kopi atau kafein sebagai faktor makanan tambahan pada populasi lansia,” kata salah satu peneliti dari IUF-Leibniz Research Institute for Environmental Medicine di Duesseldorf, Judith Haendeler.

Tak berhenti di situ, Haendeler juga menjelaskan bahwa peningkatan mitokondria akibat kafein pada kopi dapat berfungsi sebagai strategi terapi yang potensial. Menurutnya, hal ini tidak berlaku hanya pada jantung saja, melainkan organ penting lainnya. (lic)


Minum Kopi Lindungi Sel Jantung

Jumat, 29/06/2018

instagram.com

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.