Jumat, 06/07/2018

Balita Jangan Minum Susu Kental Manis

Jumat, 06/07/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Balita Jangan Minum Susu Kental Manis

Jumat, 06/07/2018

logo

BADAN Pengawas Obat dan Makanan sudah mengeluarkan surat edaran agar produsen susu kental manis lebih memperhatikan cara beriklan. Produk tersebut tidak dikategorikan sebagai produk susu bernutrisi untuk menambah asupan gizi.

Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Doddy Izwardi menanggapi soal susu kental manis. “Susu kental manis tidak diperuntukan untuk balita. Tapi perkembangan di masyarakat dianggap sebagai susu untuk pertumbuhan,” kata Doddy.

Padahal, kadar gulanya sangat tinggi sehingga tidak diperuntukkan untuk balita. Bahkan produk tersebut mengandung gula yang lebih tinggi daripada kandungan protein. Doddy menambahkan, iklan susu kental manis di layar kaca lebih menampilkan seolah-olah produk itu dijadikan minuman sehat. “Produk susu kental manis dapat dikonsumsi dan digunakan dalam campuran dessert atau topping makanan,” tambah Doddy.

Ia melanjutkan, industri punya hak untuk melakukan pengembangan produk. Namun, sebaiknya komposisi produk harus tetap diperhatikan. Dia berharap masyarakat tak lagi keliru saat mengonsumsi susu kental manis.

Kepala BPOM Penny Lukito menyatakan hal yang sama. “Terkait susu kental manis ini mesti disosialisasikan karena banyak persepsi yang keliru di masyarakat dalam mengonsumsi Kental Manis sebagai produk susu,” kata Penny.

Meski demikian, ini tak berarti kalau Anda tak boleh lagi mengonsumsi susu kental manis. Susu kental manis masih boleh dikonsumsi asalkan dikonsumsi dengan bijak.  Pasalnya ada beberapa hal yang membuat susu kental manis menjadi ‘ancaman berbahaya’ jika tak dikonsumsi dengan bijak.

Dokter spesialis gigi anak, Annisa Rizki Amalia beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa susu kental manis memiliki kandungan gula yang tinggi.  Kandungan gula tinggi diperlukan untuk membuat tekstur susu menjadi lebih kental dan lengket. Selain itu, dia juga mengungkapkan bahwa susu kental manis ini tak memiliki kandungan nutrisi dari susu sapi murni. 

Lalu sebenarnya bagaimana kandungan zat gizi dari susu kental manis ini? Mengutip buku Tabel Komposisi Pangan Indonesia dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia, Jakarta 2009, susu kental manis memiliki komposisi zat gizi per 100 gram seperti 

air 25 gram, energi 343 kkal, protein 8,2 gram, lemak 10 gram, karbohidrat 55 gram, kalsium 275 mg, zat besi 0,2 mg dan vitamin C 1 mg. (lic)


Balita Jangan Minum Susu Kental Manis

Jumat, 06/07/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.