Jumat, 27/07/2018

Ini Alasan Tidak Boleh Mencuci Ayam Sebelum Dimasak

Jumat, 27/07/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Ini Alasan Tidak Boleh Mencuci Ayam Sebelum Dimasak

Jumat, 27/07/2018

logo

ADA pertanyaan yang sering menghinggapi ibu-ibu yang akan memasak daging ayam di dapur. Mereka bertanya-tanya haruskah ayam dicuci dulu sebelum memasak?. Kebanyakan orang yang membersihkan ayam berpikir mereka sedang menghilangkan kuman dengan mencucinya. Bisa jadi asumsi mereka benar bahwa ayam mentah sering penuh bakteri, tetapi mencucinya dengan air tidak berpengaruh apapun.

Menurut UK National Health Service, mencuci ayam benar-benar memperburuk masalah. Air mengalir dan terciprat dapat menyebarkan bakteri di sekitar wastafel, meja, bahkan pakaian seseorang. USDA menyatakan satu-satunya cara pasti untuk menghilangkan bakteri adalah merebus ayam dengan suhu yang tepat. 

Aturan ini juga berlaku untuk jenis daging dan ikan lainnya.  Dilansir dari Fox News, Rabu (25/7), suhu minimum memasak ayam harus bersuhu 165 derajat Fahrenheit atau 73 derajat celcius.

Peneliti makanan Drexel University, Jennifer Quinlan menyarankan tidak mencuci ayam. Anda para ibu bisa mencoba sekali saja tak mencuci untuk melihat perbedaan. Jika masih merasa kotor, cobalah membersihkan ayam dengan tisu kertas.

Jika tetap memutuskan melanjutkan kebiasaaan mencuci ayam, anda harus membersihkan dengan benar permukaan cairan atau percikan untuk mencegah kontaminasi silang. Anda juga harus mencuci tangan anda secara menyeluruh setelah menyentuh daging mentah atau alat bekas daging mentah. (rol)

Ini Alasan Tidak Boleh Mencuci Ayam Sebelum Dimasak

Jumat, 27/07/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.