Jumat, 03/08/2018

Kenali Makanan untuk Kesehatan Jantung

Jumat, 03/08/2018

Ilustrasi / net

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kenali Makanan untuk Kesehatan Jantung

Jumat, 03/08/2018

logo

Ilustrasi / net

MENJAGA kesehatan jantung merupakan salah satu kunci hidup sehat dan memperpanjang harapan hidup. Pasalnya, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Merawat kesehatan jantung dapat dilakukan dengan mudah melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. 

Asupan dan nutrisi yang tepat dapat memelihara kesehatan jantung dari berbagai risiko seperti kolesterol, tekanan darah tinggi dan peradangan. Ada beberapa makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan jantung diantaranya adalah Oat.

Oat yang terbuat dari gandum mengandung jenis serat spesial yang disebut beta-glukan. Serat ini memiliki banyak manfaat mulai dari meningkatkan kekebalan hingga menurunkan kolesterol. Penelitian menunjukkan mengonsumsi tiga gram beta-glukan setiap hari dapat mengurangi kolesterol hingga 10 persen. “Jika, Anda punya kolesterol tinggi, ada baiknya mengonsumsi oat untuk sarapan secara teratur,” kata ahli nutrisi Lisa Drayer.

Selain oat, beta-glukan juga dapat ditemukan pada barley, rumput laut dan beberapa jenis jamur.

Ikan yang kaya lemak seperti salmon, tuna, mackerel, dan sarden juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan minyak ikan terutama asam lemak omega-3 sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. 

Rantai omega-3 ini telah terbukti secara klinis dapat mencegah serangan jantung karena mempertahankan detak jantung yang stabil. Makanan lain yang juga memiliki omega-3, tapi dalam jumlah yang lebih sedikit di antaranya telur, susu, selai kacang, dan margarin.

Aneka sayuran yang berwarna hijau gelap seperti selada, bayam dan sawi kaya akan vitamin A, C, E, dan K serta antioksidan yang dapat membersihkan racun dari tubuh.  Kandungan kalsium, magnesium dan kalium dalam sayuran hijau itu juga membuat sayuran hijau semakin baik untuk kesehatan jantung. “Kalium dapat membatasi efek natrium pada tekanan darah. Dan bersamaan dengan magnesium dan kalsium, membantu dinding pembuluh darah rileks sehingga dapat mengurangi tekanan darah,” kata ahli nutrisi Rahaf Al Bochi. Sayuran ini dapat dikonsumsi dengan dimasak atau dijus.

Kacang dan biji-bijian juga kaya akan kalium, magnesium dan beberapa mineral lainnya yang baik untuk mengurangi tekanan darah. Penelitian menunjukkan kacang dapat mengurangi pembuluh darah yang menyencang, denyut jantung, tekanan darah, dan kolesterol. Nutrisi ini dapat ditemui pada jenis kacang kenari, pecan, almond, biji rami, dan kacang macademia.

Buah bit kaya akan nitrit oksida yang dapat menurunkan tekanan darah. Sebuah studi di Australia menemukan tekanan darah laki-laki dan perempuan turun signifikan dalam enam jam setelah meminum 500 gr jus buah bit.

Sementara itu, alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Penelitian yang dipublikasikan di American Heart Association menyatakan satu buah alpukat dapat mengurangi tekanan darah secara signifikan. Efek sebuah alpukat bahkan disebut sama dengan oba-obatan penurun tekanan darah. (cnc)


Kenali Makanan untuk Kesehatan Jantung

Jumat, 03/08/2018

Ilustrasi / net

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.